6 Manfaat Pasar Modal bagi dunia Investasi

6 Manfaat Pasar Modal bagi dunia Investasi – Pasar modal sangat berdampak positif untuk setiap kemajuan perekonomian dalam suatu negara tidak terkecuali untuk para pelaku yang berperan didalamnya yaitu peaku pasar modal itu sendiri.

musiman

Setidaknya ada 6 manfaat secara umum pasar modal untuk dunia investasi, antara lain :

1. Sebagai Tempat investasi bagi para Investor

Di asar modal khususnya para investor dapat meminddhkan sebagian atau seluruh aset yang ia miliki baik dari satu perusahaan k perusahaan lain. hal ini kebanyakan dilakukan atas dasar untuk mencari keuntungan yang jauh lebih tinggi.

2. Sebagai Pendorong Perkembangan dunia Investasi

Dengan adanya dan berkembang baiknya pasar modal. pihak swasta atau perusahaan dan pemerintah akan saling kerja sama dalam menentukan dan menyelesaikan masalah keuangan dan modal kerja, hal ini dilakukan untuk menciptakan pengembangan usaha secara signifikan yang tidak merugikan salah satu pihak dan tentunya untuk rakyat kecil sebaga pekerja.

3. Sebagai Sarana Pemerataan Pendapatan

Melalui pasar modal yang ada keuntungan yang didapatkan  perusahaan yang telah menerbitkan suatu saham tentunya akan selalu memberikan dampak deviden kepada para pemilik saham dalam pasar modal tersebut.

oleh sebab itu dengan adaya pasar modal ini, dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk dari pemerataan pendapatan.

4. Dapat Menciptakan Peluang Tenaga Kerja

Kehadiran Pasar modal tentunya Menjadikan banyaknya berkembang industri baru di suatu daerah, dengan adanya industri baru tentunya akan banyak membutuhkan tenaga kerja.

hal inilah yang saat ini menjadi perhatian pemerintah indonesia, menciptakan lapangan pekerjaan baru dari pasar modal asing.

5. Bentuk Indikator Perekonomian Negara

Dalam pasar modal terdapat aktivitas dan volume perdagangan yang sangat mempengaruhi dunia usaha baik dalam skala mikro maupun makso sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk indikator perekonomian negara.

6. Sumber pendapatan Negara

Negara juga berhak mendapatkan penghasilan dari pasar modal yyaitu dengan pajak. setiap transaksi yang dilakukan terutama terhadap devnden kepada semua pemegang saham akan dikenakan pajak, hal ini sudah tertera pada Pasal 4 ayat (1) huruf g Undang-Undang PPh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *