7 Efek Bahaya Tidur Berlebihan Bagi kesehatan

7 Efek Bahaya Tidur Berlebihan Bagi kesehatan – Tidur memang sangat menyehatkan, dan juga menambah stamina kembali. Namun, jika tidur berlebihan akan malah membuat berbagai macam penyakit timbul di dalam tubuh. Tidur ini juga merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan kinerja organ dalam tubuh, agar kinerja organ lanjutannya berjalan dengan baik.

1Perlu diketahui tidur yang baik sekitar 6-8 jam sampai pagi, dan tidur siang hanya 3-4 jam saja. Jika hal tersebut melebihi batasan, maka tidaklah baik untuk kesehatan anda. Oleh karena itu, hal ini tidaklah di sarankan bagi siapapun dilakukan. Ada beberapa efek berbahaya yang harus di ketahui jika tidak berlebihan yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan resiko depresi

Menurut penelitian beberapa tahun lalu, menyatakan bahwa dengan tidur berlebihan akan mengakibatkan meningkatnya resiko depresi. Oleh karena itu, hal ini tidaklah disarankan untuk dilakukan karena tingkat depresi ini akan muncul jika dilakukan secara berlebihan.

Menurut para ahli tidur sekitar 7 – 9 jam akan memiliki potensi 27 % mengalami depresi, sedangkan orang tidur lebih dari 9 jam akan memiliki potensi sekitar 49 % mengalami depresi.

2. Merusak fungsi otak

Menurut studi beberapa tahun lalu menemukan lanjut usia ( lansia ), tidur berlebihan akan mengakibatkan fungi otak akan tidak berjalan dengan baik , bahkan juga dapat merusak kondisi otak selama 6 tahun.

Oleh karena itu, tidak di sarankan para lansia untuk tidur berlebihan dan banyak. Sebaiknya untuk menghindari dan melakukan olahraga ringan dengan teratur.

Rahasia Mengejutkan Petai Cina untuk Kulit Halus

3. Menyulitkan proses kelahiran

Menurut para penelitia dari Korea mengatakan dengan kebiasaan tidur berlebihan akan mengakibatkan proses kehamilan akan sulit. Di karenakan saat pada masa kehamilannya tidur berlebihan sekitar 7 -8 jam setiap malm, dan juga tidak di imbangi dengan olahraga ringan. Sebaiknya dalam hal ini untuk tidur tidak berlebihan dan juga mengimbanginya dengan melakukan olahraga kecil – kecilan atau ringan untuk membantu kinerja organ dengan baik di dalam tubuh, serta melancarkan proses kelahiran.

4. Meningkatkan resiko diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di Quebec, menyatakan bahwa dengan tidur sekitar delapan jam setiap harinya akan megakibatkan timbulnya resiko penyakit diebetes tipe 2 di dalam tubuh. Hal ini dikarenaka penumpukan lemak berlebihan didalam tubuh yang tidak dapat terurai dengan baik oleh tubuh.

5. Menambah berat badan

Menurut penelitian menemukan bahwa dengan orang yang tidur kurang atau berlebihan akan mengakibatkan penimbunan berat badan tidak baik. Apalagi jika dalam keadaan diet tubuh, hal ini akan cepat menambah berat badan sekitar 5 kg, bahkan lebih.

6. Resiko penyakit jantung

Ternyata dengan tidur berlebihan juga dapat mengakibatkan resiko jantung, menurut beberapa peneliti dari beberapa 3.000 orang yang tidur berlebihan akan mengakibatkan penyakit jantung ini muncul dengan cepat di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena, jaringan atau sel yang ada di dalam jantung akan rusak dan tidak berfungsi kembali dengan optimalnya.

7. Resiko kematian tinggi

Menurut data dari sebuah penelitian menyatakan bahwa resiko kematian yang sangat tinggi, di karenakan tidur terlalu lama dan berlebihan. Hal ini terjadi karena tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya, yang akan menghambat kinerja jantung di dalam tubuh anda.

Baca juga : Menguak dan Menelusuri Suguhan Eksotik Desa Wae Rebo, NTT

Loading…

One thought on “7 Efek Bahaya Tidur Berlebihan Bagi kesehatan

  1. Pingback: 5 Manfaat Bermain Hola Hoop Bagi Kesehatan | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *