7 Manfaat dan Pengaruh Positif dari mandi

Kegiatan rutinitas kita sehari-hari yang padat menuntut kita senantiasa produktif dan aktif. Untuk itu, diperlukan kondisi tubuh yang prima dan segar agar kita bisa menjalankan berbagai aktivitas kita sepanjang hari.

d 92

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi tetap prima dan lebih segar adalah dengan mandi. Saya yakin kamu semua melakukan kebiasaan ini setiap hari, kan? Memang terkesan sepele, namun memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut penelitian, sebaiknya manusia membiasakan untuk mandi setiap hari dengan air dingin. Mandi dengan air dingin tidak hanya bertujuan supaya badan menjadi bersih saja, ternyata kebiasaan ini memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Berikut 7 manfaat mandi yang perlu kamu ketahui :

  • Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sel darah putih

Masih menurut hasil riset di Inggris, mandi dengan air dingin bisa meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh manusia. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka kemampuan tubuh dan daya tahan untuk melawan virus dalam tubuh pun akan semakin meningkat.

Manfaat positifnya, tubuh akan menjadi tidak mudah sakit dan lebih prima karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

  • Mandi mampu melancarkan peredaran darah

Menurut hasil riset sebuah lembaga penelitian trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi menggunakan air dingin, maka peredaran darah di tubuhnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan merasa lebih segar dan lebih bugar.

  • Mandi dengan air dingin bisa menambah tingkat kesuburan

Mandi menggunakan air dingin memiliki dampak positif untuk kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu dapat meningkatkan produksi hormon estrogen (untuk wanita) dan hormon testosteron (untuk pria). Akibatnya, gairah dan tingkat kesuburan pun akan semakin meningkat.

Mandi menggunakan air dingin bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi)

Seorang ahli hipno terapis dari The American Board of Hypnotherapy berpendapat bahwa kebiasaan mandi dengan air dingin dapat menurunkan resiko timbulnya varises, darah tinggi dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena air dingin dapat melancarkan seluruh sirkulasi darah ke semua organ-organ di dalam tubuh manusia.

  • Mandi bisa memperbaiki kesehatan jaringan di dalam tubuh manusia

Kebiasaan mandi dengan air dingin setiap hari berdampak positif untuk kesehatan jaringan tubuh pada manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit dapat menjadi semakin baik, kulit menjadi lebih kenyal dan kulit tidak kering.

Mandi dengan air dingin juga mampu menyamarkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata dan noda kotoran, sehingga kesegaran di wajah pun akan semakin terpancar. Sebaliknya bila kita mandi dengan air hangat, maka kulit terlihat kurang kenyal dan tampak lebih keriput.

Selain itu, mandi dengan air dingin dapat berdampak positif bagi jaringan kuku. Kuku akan menjadi lebih kuat, sehat dan tidak mudah retak.

  • Mandi dengan air dingin berkhasiat meredakan depresi

Mandi dengan air dingin bisa berefek meredakan stress dan depresi. Coba bayangkan, bila kita sedang suntuk, dalam keadaan stres atau tegang karena sesuatu masalah, setelah kita mandi maka tubuh kita akan menjadi lebih segar, pikiran menjadi lebih jernih, tenang dan lebih rileks, ya ga?

Baca Artikel Lainnya :

Apa aja sih yang terjadi pada rambut kita bila dibilas dengan air dingin? Nyatanya air dingin yang membilas rambut kita dapat menutupi kutikula rambut, akibatnya dapat mengurangi kerontokan rambut. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran yang menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut dapat menjadi lebih kuat dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *