7 Penemuan Besar yang Ditemukan Oleh Robert Hooke

Robert Hooke adalah seorang penemu, ahli matematika dan kimia, arsitek, dan filsuf. Ia lahir di Inggris pada tanggal 18 Juli 1635 dari pasangan John Hooke dan Cecily Gyles. Ketertarikannya terhadap ilmu pengetahuan sudah diperlihatkan ketika usianya menginjak 20 tahun.

s 139

Kinerja yang sangat baik membuat Hooke dipekerjakan sebagai asisten Robert Boyle, pendiri kimia modern, di Oxford.

Ketertarikan Hooke pada berbagai bidang keilmuan semakin ia tunjukan dengan berbagai penemuan mulai dari geologi hingga astronomi. Konstribusinya pun sangat besar dalam berbagai bidang tersebut. Berikut ini 7 penemuan besar yang ditemukan oleh Robert Hooke.

  1. Hukum Hooke (1660)

Hukum ini menyatakan bahwa gaya yang diberikan pegas sebanding dengan jarak pergerakan pegas (kompresi pegas) dan berlawanan dengan arah peregangan. Hukum Hooke menjadi dasar dalam mempelajari materi elastisitas pegas.

Hukum ini sering disebut dengan gaya pemulih karena benda elastis merupakan benda yang dapat kembali seperti semula ketika diberi gaya.

  1. Gaya gravitasi

Pada tahun 1670, Hooke mengatakan bahwa gravitasi diterapkan bagi smeua benda angkasa dan gaya gravitasi antara tubuh menurun dengan jarak diantara mereka.

Sehingga jika gaya gravitasi dihapus, maka benda-benda angkasa akan bergerak dalam sebuah garis lurus. Setelah Hooke, Newton pun mulai mengembangkan gaya gravitasi ini.

  1. Pengukur waktu (Neraca Pegas Hooke)

Balance spring atau neraca pegas merupakan salah satu penemuan Hooke pada tahun 1660. Setelah sebelumnya pada tahun 1657 ia mengembangkan Anchor Escapement, sebuah roda penggerak yang memberikan sedikit dorongan pada ayunan pendulum.

Neraca ini melekat pada roda keseimbangan serta menghasilkan osilasi. Dengan osilasi tersebutlah waktu dapat terjaga dengan akurat.

  1. Microscope

Hooke membuat sebuah mikroskop majemuk dengan rancangan mekanisme sekrup yang dioperasikan. Ia menempatkan lensa air di samping mikroskop agar dapat memfokuskan cahaya untuk melihat specimen lebih jelas.

  1. Sel (Micrographia and Paleontology)

Dengan mikroskop yang dibuatnya, ia mulai mempelajari sel pada fosil kayu. Ia menyimpulkan bahwa fosil merupakan makhluk yang memiliki sel dan beberapa spesies yang pernah ada sudah punah.

  1. Mengukur jarak bintang

Hooke mulai mengukur jarak Bumi ke bintang Gamma Draconis dengan metode penentuan paralaks. Pada tahun 1669, Hooke merasa pengamatannya sudah berhasil. Selain mengukur jarak bintang, Hooke juga mengamati cincin Saturnus hingga ilustrasi gugus bintang Pleiades.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Merancang gedung

Selain dibeberapa bidang keilmuan di atas, Hooke juga pantai dalam bidang arsitektur. Hooke membuat sebuah rancangan gedung-gedung yang telah rusak akibat kebakaran di kota London.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *