9 Kebiasaan Ini Ternyata Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

Tanpa anda sadari, ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap anda lakukan justru bisa memicu penuaan kulit.

i 63

Berbagai produk perawatan kecantikan yang beredar bebas di pasaran saat ini sebagian besar merupakan produk kecantikan anti penuaan kulit yang masing – masing bertujuan untuk membuat anda tampil awet muda.

Namun, menggunakan produk kecantikan saja untuk perawatan kulit anda sehari – hari sangatlah tidak cukup diaplikasikan  karena harus diimbangi dengan menerapkan kebiasaan sehari – hari yang bisa membantu anda tetap tampil awet muda.

Berikut beberapa kebiasaan tersebut di atas yang bisa menyebabkan anda terlihat cepat tua :

1. Sering minum alkohol.

Alasan mengapa alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh anda adalah alkohol bisa menyebabkan pembuluh darah pada kulit melebar. Sehingga aliran darah di permukaan pori – pori kulit akan meningkat dan bisa menyebabkan kulit memerah dan bahkan bengkak.

2. Malas berolahraga.

Rajin olahraga setiap hari pada waktu pagi atau sore hari akan membantu membuat aliran darah dalam tubuh anda mengalir lancar dan masa otot pun meningkat. Hal ini berpengaruh bagus buat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda tetap dalam kondisi fit.

Sebaliknya, jika anda malas berolahraga, anda akan cepat loyo, cepat lelah serta kurang bergairah dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Kurang olahraga juga bisa memicu terjadinya penuaan kulit sejak dini !

3. Kurang tidur.

Kurang tidur merupakan kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan anda cepat tua. Kurang tidur bisa menyebabkan mata menjadi merah, kantong mata terlihat hitam, kulit kering dan kusam.

Jika anda terlalu sering bergadang maka anda tidak hanya terlihat pucat, tapi juga terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

4. Terpapar sinar matahari.

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung pada waktu siang hari bisa membuat seseorang nampak lebih tua. Jadi, sangat penting untuk mengaplikasikan tabir surya pada tubuh dan wajah anda saat keluar rumah. Gunakanlah tabir surya dengan SPF 15 atau lebih.

5. Merokok.

Merokok merupakan kebiasaan terburuk yang paling berpotensi mempercepat penuaan kulit pada seorang wanita. Paparan asap rokok baik itu terhadap anda yang perokok atau bukan, dapat dengan cepat menjadikan kulit tampak kering dan keriput.

Asap rokok juga mengikis vitamin C dalam tubuh menjadi berkurang sehingga berpengaruh buruk terhadap kelembaban kulit.

6. Stres yang berlebihan.

Stres berlebihan tidak hanya berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental dan emosional, namun juga dapat berdampak sangat buruk pada kondisi fisik seorang perempuan, salah satunya adalah membuat anda tampak jauh lebih tua dari yang seharusnya.

Apakah anda adalah orang yang sering merasa stres karena terlalu banyak hal yang dipikirkan sangat serius sehingga menimbulkan perasaan khawatir ?

Cobalah melepas stres yang anda alami dengan cara relaksasi seperti mendengarkan musik yang menenangkan pikiran, menambahkan aromaterapi di kamar tidur, melakukan meditasi, yoga dan sebagainya.

7. Minum menggunakan sedotan.

Lebih suka menggunakan sedotan saat minum setiap hari merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan ! Karena hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan kulit wajah.

Gerakan mengerutkan bibir ke depan saat anda menyedot minuman dapat menimbulkan garis – garis halus di sekitar bibir. Jika hal ini sering dilakukan, maka hal tersebut akan  membuat kulit bibir anda menjadi tegang dan semakin memperdalam serta memperjelas lipatan – lipatan pada bibir.

8. Mendengarkan musik dengan suara keras.

Tanda – tanda penuaan dini bukan hanya terjadi pada kulit saja, namun bisa menyerang organ – organ tubuh lainnya seperti telinga yang ditandai dengan semakin menurunnya kemampuan telinga anda dalam mendengarkan.

Penuaan dini pada telinga disebabkan oleh banyak hal, salah satu diantaranya adalah karena hobi mendengarkan musik dengan suara yang keras. Mendengarkan lagu favorit dengan suara yang keras merupakan sebuah hobi yang sangat menyenangkan untuk dilakoni dan dapat melepas stres yang anda alami saat baru pulang dari kantor atau sekolah.

Namun jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama dan secara terus – menerus, maka justru akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan telinga anda dalam hal pendengaran dan keindahan kulitnya, apalagi jika anda mendengarkannya dengan memakai headset.

Untuk menghindari dampak buruk yang ditimbulkannya, gunakanlah speaker untuk mendengarkan musik dengan volume yang pas/lembut.

9. Mengabaikan perawatan kulit.

Perawatan kulit yang anda lakukan secara rutin juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit anda terlihat sehat dan bebas dari masalah penuaan dini pada kulit.

Tidak perlu perawatan kulit yang mahal, anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara – cara yang sangat mudah dan praktis memakai bahan – bahan tradisional.

Misalnya, selalu menggunakan krim malam sebelum tidur untuk menjaga kelembaban kulit sehingga dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Juga, pastikan bahwa anda tidak melewatkan tabir surya saat akan beraktivitas di luar rumah.

Baca Artikel Lainnya :

Sinar UV dari matahari di siang hari menjadi penyebab utama terjadinya penuaan dini pada kulit wajah seperti munculnya kerutan halus, flek hitam dan pori – pori kulit membesar. Gunakanlah krim wajah dan lotion tabir surya yang banyak mengandung SPF sebagai pelindung dari bahaya sinar UV.

Nah, jika anda tidak ingin terlihat cepat tua dari usia anda yang sebenarnya ? Hindarilah kebiasaan buruk di atas agar anda selalu terlihat cantik, sehat dan tetap awet muda.

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *