Aceh Semakin Populer Di Mata Wisman Dengan Wisata Kulinernya

Saat ini akses ke daerah terpencil untuk menikmati wisata alam di Aceh sudah semakin dipermudah yaitu dengan diresmikannya Bandara Rembele di Gampong Bale Atu, kecamatan Bukit, kabupaten Bener Meriah, di provinsi Aceh.

Aceh akan semakin populer di mata wisatawan mancanegara maupun turis domestik karena bandara yang terletak di ketinggian perbukitan ± 1.400 m dari permukaan laut dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang segar ini merupakan pintu gerbang wisata di dataran tinggi Gayo.

N 97

Dan sudah terkenal sebagai kawasan wisata alam yang didukung oleh wisata kuliner dengan sajian menu khas setempat bernama kopi Gayo yang terkenal hingga ke negara – negara di Eropa.

Bagaimana cara menyajikan kopi Aceh Gayo yang sudah terkenal di seluruh dunia karena kelezatannya dan menjadi minuman yang benar – benar nikmat untuk anda minum di sore hari ? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah.

Pertama, pemilihan bubuk kopi

Anda bebas menentukan jenis – jenis kopi apa yang cocok untuk dijadikan kopi Gayo, kopi Robusta atau kopi Arabica, sesuaikan dengan selera anda. Bubuk kopi yang sudah dipilih adalah bubuk kopi halus sehingga ketika anda menyeduhnya, tak ada lagi ampas yang mengambang di permukaan gelas atau ampas kopi di dasar gelas.

Kedua, suhu air panas

Idealnya, suhu air panas yang bagus untuk meyeduh kopi adalah antara 90˚ C – 95˚ C. Untuk mengetahui kebesaran suhu air adalah dengan menggunakan thermometer atau anda bisa mengunakan cara lain : mendiamkan air yang sudah mendidih sekitar 1 – 2 menit, dengan cara ini akan didapat suhu air yang ideal.

Ketiga, mencampurkan bubuk kopi dan gula

Untuk membuat segelas kopi panas yang nikmat, sebaiknya bubuk kopi dicampur dengan gula secara merata terlebih dahulu sebelum anda seduh dengan air panas. Perbandingan yang pas adalah takaran 1 sendok kopi dicampur dengan 1,5 sampai 2 sendok gula pasir, ini berlaku untuk kelipatannya.

Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat dan pas di lidah, anda bisa gunakan cara mencampurkan air panas dengan gula ke dalam ketel aluminium, selanjutnya menuangkan air yang mengandung gula tersebut ke dalam gelas – gelas saji yang berisi bubuk kopi halus.

Sekarang, satu gelas kopi panas Gayo buatan anda sendiri di rumah sudah siap untuk dinikmati. Jika anda ingin menikmati kopi tersebut seperti aslinya di Aceh, maka kopi yang sudah jadi bisa anda masak kembali, dengan catatan, jaga suhu air agar jangan sampai terlalu mendidih, cukup sampai mengeluarkan busa kecil kemudian diangkat.

Menurut catatan Kepala Dinas Pariwisata Aceh, potensi wisata alam di kabupaten Bener Meriah adalah sama menariknya dengan kawasan wisata di daerah lain di Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :

Diantaranya adalah Danau Laut Tawar, Goa Puteri Pukes, Pantan Terong dan Goa Loyang Koro yang populer dengan benda – benda cagar budaya sejak ratusan tahun silam yang lalu.

Menurut beliau, daerah – daerah yang akan dibuat bandara adalah daerah bersuhu sangat dingin karena di tempat ini terkenal akan kekayaan alam khas Aceh yaitu kopi yang bisa diracik menjadi beragam varian masakan dari kopi yang bercita rasa sangat dahsyat.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk menuju ke kabupaten Bener Meriah, bisa diakses melalui jalur udara maupun darat. Jalur darat bisa ditempuh selama ± 6 jam dari Banda Aceh dan ± 8 jam dari Medan. Sedangkan jalur udara saat ini bisa ditempuh ± 1 jam dari Bandara Kualanamu dengan menggunakan maskapai Penerbangan Susi Air 3 kali seminggu.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *