Ada Apa dengan Tisu? Selamatkan Bumi

Ada Apa dengan Tisu? Selamatkan Bumi – Apakah kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan tisu untuk kebutuhan sehari-hari? Kalo iya, apakah kamu sudah menggunakan tisu secara bijak?tisu

Seperti yang kita ketahui bersama kalau tisu berasal dari pengolahan batang pohon. Bila kita menggunakan tisu secara berlebihan itu artinya akan ada banyak pohon yang dibutuhkan dan ditebang demi kepentingan konsumen. Tentu penebangan pohon secara besar-besaran tidaklah baik untuk bumi kita.

Daerah resapan air akan semakin minim dan risiko bencana banjir akan menghantui daerah-daerah yang menjadi objek penebangan pohon. Tentu saja perusahaan tisu pun memiliki SOP tersendiri yang mendapatkan ijin dalam penebangan pohon sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Kita ketahui bahwa hutan merupakan paru-paru dunia. Silahkan baca juga : Hutan Sehat, Selamatkan Paru-paru Dunia!

Namun itu bukanlah ranah kita para konsumen. Yang bisa kita lakukan demi bumi hijau kita adalah meminimalisir penggunaan tisu dan mencari alternatif pengganti tisu yang lebih ramah lingkungan. Eits, bukannya kami melarang menggunakan tisu lho yaa, hanya saja memberikan advice agar kita semua berperan aktif dalam penggunaan tisu secara bijak.

Tisu yang terbuat dari pulp atau bubur kertas, bila diproduksi dalam jumlah besar-besaran memang membutuhkan sumber daya alam yang cukup banyak. Untuk menjaga agar penggunaan tisu bisa diminimalisir, kita sebagai konsumen bisa mengganti tisu dengan sapu tangan untuk keperluan wajah atau kain lap untuk keperluan rumah. Menggunakan tisu boleh saja asal tidak berlebihan.

Lebih jauh lagi mari kita pelajari bagaimana proses pembuatan tisu itu sendiri. Bubur kertas sebagai bahan baku untuk membuat tisu berasal dari pohon akasia dan eukalyptus. Pertama-tama tentu para pembisnis akan membuat perkebunan pohon akasia dan eukalyptus, lalu pengosongan lahan tentu dengan membabat habis pohon-pohon yang tertanam sebelumnya di lahan tersebut.

Belum lagi ketika proses pemutihan yang menggunakan zat chlor yang mana menghasilkan limbah beracun. Penggundulan lahan mengakibatkan terjadinya erosi tanah, pelepasan karbon secara besar-besaran sehingga mengakibatkan tingginya konsentrasi CO2 yang beredar di bumi dan menimbulkan pemanasan global yang juga sulit dikendalikan.

Artikel Terkait : Selamatkan Bumi, Stop Global Warming!

Tentu kita tidak ingin anak dan cucu kita hidup di bumi yang carut marut dengan tingkat kesehatan yang juga terancam menurun. Tidak hanya manusia yang terancam dengan kerusakan bumi, tapi spesies hutan pun terancam punah bila kondisi bumi menjadi sedemikian.

Mari kita cintai lingkungan dan bumi ini. Semoga bermanfaat.

Sumber:

kabarindonesia.com, hijauku.com, kompasiana.com

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *