Ada Beberapa Tips Menghilangkan Rasa Sakit Pada Saat Melahirkan Normal

Trimester akhir bagi ibu hamil merupakan momen – momen rasa cemas dan perasaan yang bercampur aduk.

Proses persalinan semakin dekat dan ibu mesti memilih proses persalinan apa yang cocok dengan kondisi tubuh dan mental ibu. Yang paling umum dilakukan adalah proses persalinan normal, yaitu proses mengeluarkan bayi lewat jalan lahir.

j 102

Sebelum proses persalinan berlangsung biasanya ibu akan merasakan kontraksi yang disertai dengan rasa nyeri. Jika kontraksi semakin kuat, berarti bayi sudah siap untuk melahirkan. Segeralah anda bawa ke rumah sakit atau tempat bersalin sekitar lingkungan anda supaya mendapatkan penanganan khusus.

Saat proses melahirkan, inilah momen paling krusial setelah mengandung selama kurang lebih 9 bulan. Rasa sakit yang luar biasa akan dirasakan oleh ibu saat melahirkan.

Akan tetapi, ibu juga tidak boleh takut karena rasa sakit ini bisa teratasi. Berikut beberapa tips menghilangkan rasa sakit pada saat melahirkan normal.

  • Berjalan – jalan kecil

Saat sudah berada di tempat bersalin, jika ibu mempunyai beberapa waktu sebelum bersalin gunakan jeda tersebut dengan berjalan – jalan kecil di sekitar ruangan. Berjalan merupakan salah satu metode relaksasi yang dapat membantu jalannya proses persalinan.

  • Rilekskan tubuh serta mental anda

Saat ibu akan bersalin, biasanya kecemasan dalam pikiran malah akan membuat otot anda tegang. Padahal saat melahirkan, dibutuhkan kelenturan otot supaya proses persalinan bisa berjalan lebih cepat.

Untuk itu, cobalah untuk lebih rileks sebelum menjalani proses persalinan. Mintalah seseorang untuk sedikit memijat bagian tubuh supaya pikiran dan otot anda menjadi lebih tenang.

  • Teknik bernafas

Saat melahirkan, ibu akan membutuhkan energi yang sangat besar. Untuk itu, ibu mesti mengatur energi supaya tetap kuat mejalani proses persalinan. Salah satu teknik mengatur energi yaitu dengan pernafasan.

Anda bisa mengatur pasokan oksigen, membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, serta saat proses mengejan dan mendorong. Biasanya dokter juga akan membantu menginstruksikan untuk bernapas lebih teratur.

  • Yakin dan berdoa kepada Tuhan

Hal – hal yang seperti ini biasanya dapat membantu anda untuk meredam rasa sakit saat melakukan persalinan normal. Jika anda yakin, otomatis pola pikir anda akan menyesuaikan dengan tubuh anda menjadi lebih sinkron dan kuat saat bersalin.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, akan lebih lengkap dengan doa yang ibu utarakan kepada Tuhan untuk menambah keyakinan bahwa semua akan berjalan dengan lancar. Jangan takut dan tetap fokus saat melakukan persalinan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *