Adam Smith, Ahli Ekonomi Kapitalis

Biografi Adam Smith, Ahli Ekonomi Kapitalis – Adam Smith dilahirkan pada tanggal 5 Juni 1723 di Kirkcaldy yang merupakan bagian dari Skotlandia. Adam Smith merupakan seorang filosofer berkebangsaan atau asal Skotlandia.adam smith

Adam Smith juga disebutkan sebagai pelopornya ekonomi modern atau juga lebih dikenal sebagai pakarnya ekonomi kapitalis. Oleh karena itu, Adam Smith merupakan tokoh kunci dalam pencerahan di Skotlandia. Ayahnya Adam Smith merupakan seorang advokat, jaksa dan pengawas keuangan di Kirkcaldy.

Di tahun 1720, ayah Adam Smith menikahi seorang gadis bernama Margaret Douglas yang merupakan anak perempuan dari Robert Douglas di Fife. Ayah Adam Smith meninggal setelah dua bulan kelahiran Adam Smith sehingga ibu Adam Smith harus menjadi janda dan mengurus Adam Smith sendirian.

Beberapa kejadian ketika Adam Smith masih kecil diketahui. Seorang jurnalis Skotlandia bernama John Rae yang menulis biografi Adam Smith mencatat bahwa Adam Smith pernah diculik oleh orang – orang gipsi ketika Adam Smith berumur tiga tahun dan kemudian berhasil diselamatkan.

Adam Smith dekat dengan ibunya yang kemungkinan menjadi semangatnya untuk berambisi dalam menggapai pendidikannya. Adam Smith masuk ke sekolah Burgh School of Kirkcaldy yang merupakan salah satu sekolah terbaik di Skotlandia pada saat itu, Adam Smith mengenyam pendidikan di sekolah itu sejak tahun 1729 hingga 1737, di sana juga Adam Smith mempelajari bahasa Latin, Matematika, sejarah dan menulis.

Kemudian Adam Smith mengenyam pendidikan tinggi di University of Glasgow dan Balliol College, Oxpord ketika Adam Smith berumur 14 tahun dan belajar mengenai bidang filosofi sosial. Adam Smith merupakan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari John Snell. Kemudian Adam Smith memperoleh kesempatan mengajar di Glasgow dalam bidang filosofi moral dan selama periode tersebut Adam Smith berhasil menulis dan mempublikasikan buku pertamanya.

Adam Smith paling dikenal dengan dua buku karya klasiknya yaitu yang pertama berjudul The Theory of Moral Sentiments terbit pada tahun 1759 dan yang ke dua adalah buku berjudul Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations yang terbit tahun 1776, buku ini lebih dikenal dengan judul The Wealth of Nation.

Buku yang ke dua ini dianggap sebagai buku atau karya modern pertama mengenai ekonomi khususnya mengenai sejarah dan dasar – dasar perkembangan industry, perdagangan bebas dan juga kapitalisme. Adam Smith dianggap sebagai bapak dari ekonomi moderndan merupakan satu dari pemikir yang paling berpengaruh di dalam bidang ekonomi sampai saat ini. Adam Smith juga seorang pelopor dari system perekonomian kapitalis.

Adam Smith membuat dasar – dasar fari teori ekonomi klasik perdagangan bebas. Buku ke duanya yang berjudul The Wealth of Nations merupakan sebuah buku ajar dalam pendidikan khususnya ekonomi. Di dalam karyanya ini, Adam Smith menjelaskan bagaimana rasional berfikir dalam ekonomi.

Adam Smith merupakan controversial dalam pendekatannya secara umum dan gaya tulisannya yang sering disindir oleh Tory, William Hogarth dan Jonathan Swift yang merupakan penulis dalam bidang moral. Buku The Wealth of Nations ini sendiri termasuk ke dalam daftar 100 buku terbaik Skotlandia sepanjang masa pada tahun 2005. Adam Smith meninggal pada tanggal 17 Juli 1790 dk Edinburgh ketelah menderita sakit dan dimakamkan di Canongate Kirkyard.

Baca juga : Carl Linnaeus, Seorang Ilmuwan Swedia

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *