Agar-Agar yang Kaya akan Manfaat

Agar-Agar yang Kaya akan Manfaat – Siapa yang tidak suka dengan makanan kenyal kaya akan serat yang satu ini. Tahukah kamu berasal dari apa agar-agar itu? Agar-agar berasal dari ekstraksi alga merah sejenis glacilaria sp dan gelidium sp. Tanaman alga ini banyak dijumpai di seluas lautan Indonesia. Agar-agar ternyata tidak hanya dikonsumsi sebagai pelengkap sayur dan buah saja, tetapi agar-agar juga dapat dijadikan treatment kecantikan, campuran bahan kuliner, kesehatan tubuh, diet sehat, dan bisa juga sebagai anti-oksidan.agar

Yuk, kita cek satu per satu apa saja manfaat dari makanan yang luar biasa ini.

  1. Agar-agar sebagai anti-oksidan dan sebagai imunitas

Kandungan vitamin B dan karbohidrat pada agar-agar dapat membantu memproteksi tubuh dari serangan virus atau bakteri berbahaya.

  1. Diet sehat dengan konsumsi agar-agar

Agar-agar yang mengandung banyak vitamin dan tinggi serat (kadungan fiber dapat mengenyangkan perut) memang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita obesitas karena membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Sebagaimana halnya buah dan sayuran, agar-agar dapat menjadi menu pelengkap diet anda karena serat dalam agar-agar bersifat hidralitik (penyerap air) dan sineresis (melepaskan air) sehingga terhindar pula kita dari berbagai gangguan pencernaan. Agar-agar tentu baik untuk cemilan karena tidak mengandung kalori yang bisa memuat tubuh anda menjadi gemuk.

  1. Agar-agar memicu tubuh tetap sehat

Mengkonsumsi agar-agar dapat mengurangi stres karena makanan ini mengandung asam amino esensial yang baik untuk menurunkan tingkat stres pada manusia. Selain itu, agar-agar pun bisa mencegah pengeroposan tulang akibat usia lanjut karena hasil penelitian menyatakan bahwa kalsium yang terkandung dalam agar-agar bernilai 10 kali lebih baik dari segelas susu. Bagi penderita radang sendi juga amat baik mengkonsumsi agar-agar secara rutin karena kandungan kolagen pada agar-agar dapat menjadi pelumas bagi persendian manusia.

  1. Kuliner yang mengandung agar-agar

Tahukah kamu bahwa agar-agar tidak hanya bisa dijadikan puding atau jelly, tapi juga biasa dijadikan sebagai pengental saus, es krim, sup. Ada juga sebagian orang yang mencampurkan agar-agar ke dalam beras yang akan dimasak dengan tujuan agar kandungan serat dalam nasi bertambah dengan campuran agar-agar tersebut.

  1. Tampil cantik dengan treatment agar-agar

Agar-agar ternyata bisa mencegah penuaan dini karena kandungan kolagen dan asam aminonya bisa mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu kandungan asam amino tersebut amat berperan penting dalam pembentukan sel-sel baru di tubuh manusia.

Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari agar-agar. Selain manfaat yang tertera di atas, ternyata agar-agar pun bisa dijadikan obat penutup luka dan sebagai bahan alternatif untuk pembungkus kapsul obat. Bahkan kandungan asam folat pada agar-agar dapat menyehatkan rambut dan menghindari kekusaman serta kerontokan rambut.

Agar-agar juga sangat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi, menghindari penyakit aterosklerosis (penumpukan lemak pada pembuluh darah) dan menghindari risiko terkena kanker payudara.

Wah, ternyata tak ada habisnya pembahasan kita tentang keistimewaan dari agar-agar ini. Tetaplah menjaga kesehatan dengan rutin mengkonsumsi agar-agar. Semoga bermanfaat.

Referensi: manfaat.co.id, majalahpuding.com

Baca Juga: 7 Manfaat Yang Belum di Ketahui Mengkonsumsi Bubuk Bawang Merah

Loading…

One thought on “Agar-Agar yang Kaya akan Manfaat

  1. Pingback: Musim Penghujan Telah Datang, Lindungi Tubuh Anda! | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *