Akibat Dari Hormon Yang Tidak Seimbang

Alam semesta sebenarnya adalah sesuatu yang seimbang. Itulah kenapa alam semesta, ketika diperhatikan, tidak pernah mengalami kerusakan terkecuali keseimbangan tersebut rusak atau dirusak.

Namun selain itu, bukan hanya alam semesta saja yang memiliki keseimbangan. Manusia yang termasuk salah satu makhluk yang berada di dalam alam semesta juga terdiri dari keseimbangan yang harus terus terjaga.

s 115

Salah satunya adalah keseimbangan hormon yang berada didalam tubuh manusia itu sendiri yang jika hormon- hormon tersebut tidak seimbang, maka berbagai macam keluhan atas kesehatan terkadang juga akan muncul.

Apa saja hal- hal yang mengakibatkan hormon yang ada didalam tubuh manusia tidak seimbang ? lalu apa akibatnya jika hormon tersebut tidak seimbang?

Hal pertama yang mengakibatkan keseimbangan hormon pada tubuh manusia tidak seimbang tentu saja adalah pola hidup dari manusia itu sendiri. Semakin jarang bergerak atau pasif akan semakin besar juga kemungkinan kadar hormon orang tersebut akan tidak seimbang.

Selain jarangnya bergerak atau hidup secara pasif, pola makan tentu juga menjadi salah satu faktor utama hormon- hormon didalam tubuh menjadi tidak seimbang. Seperti terlalu banyak gula atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi tentu akan sangat mempengaruhi kadar keseimbangan hormon didalam tubuh.

Namun selain pola hidup pasif yang dapat mempengaruhi kadar hormon yang tidak seimbang, pola hidup yang terlalu aktif sehingga waktu untuk istirahat sangat minim juga memiliki peran serta untuk menjadikan hormon didalam tubuh tidak seimbang.

Terlebih jika ditambah permasalahan yang mengakibatkan orang tersebut menjadi stress. Kurangnya istirahat menjadikan tubuh menjadi lelah sedangkan stress menjadikan pikiran pun menjadi lelah.

Tubuh yang memiliki waktu tersendiri untuk beristirahat menjadi lelah berberimbas kepada keseimbangan hormon yang tidak lagi seimbang.

Bagi wanita, mengonsumsi pil KB diluar resep atau pengawasan dokter ternyata juga mampu memberikan andil untuk menjadikan hormon kehilangan keseimbangannya. Hal ini karena tubuh, melalui konsumsi pil KB, seakan- akan dipaksa untuk mengikuti siklus hormon yang dibuat- buat dan tidak bergerak sesuai siklus alaminya.

Selain karena pil KB, keseimbangan hormon juga terkadang terjadi sebagai salah satu dari gejala- gejala yang tekait dengan menopause. Dan tidak hanya terjadi pada wanita, gejala menopause seperti ini juga biasa terjadi kepada kaum pria.

Hormon yang tidak seimbang yang disebabkan beberapa hal diatas tentu akan mempengaruhi keadaan tubuh. Itulah kenapa pada saat hormon tidak seimbang, terkadang sifat seseorang berubah. Terutama wanita.

Seperti misalnya berubahnya siklus haid yang terkadang dialami oleh wanita karena masalah ketidak seimbangan hormon ini. Selain siklus haid yang berubah, hormon yang tidak seimbang juga terkadang menjadikan wanita merasakan nyeri akibat menstruasi yang berlebihan atau juga keputihan yang terjadi terus menerus selama lebih dari 7 hari lamanya.

Selain permasalahan pada siklus haid, ketidak seimbangan hormon juga mengakibatkan permasalahan lainnya yang ternyata juga dapat dirasakan oleh pria.

Seperti misalnya perubahan bentuk tubuh yang jadi terlalu besar atau terlalu kurus, menumbuhkan bibit tumor pada organ reproduksi yang juga akan mempengaruhi faktor kesuburan. Selain itu keseimbangan hormon biasanya juga berperan aktif kepada tumbuhnya jerawat pada wajah dalam waktu yang cukup lama.

Baca Artikel Lainnya :

Keseimbangan hormon merupakan salah satu hal yang dapat kita kendalikan dengan mengubah pola hidup ataupun pola makan. Seperti hidup dengan cara menghindari stress ataupun jangan hidup terlalu pasif dan mulai memperhatikan pola konsumsi makanan harian.

Itulah beberapa hal dapat menjadikan hormon seseorang tidak seimbang dan mulai menimbulkan keluhan pada kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *