Akibat Jarang Menyikat Gigi

Akibat Jarang Menyikat Gigi – Kesehatan gigi dan gusi sangat penting untuk kita jaga, karena dari gigi dan gusi akan mempengaruhi kesehatan organ-organ tubuh yang lain. Malas menggosok gigi dapat menimbulkan timbulnya plak gigi.

Untitled

Plak gigi adalah suatu lapisan tipis, lunak, dan mengandung kuman yang melekat di permukaan gigi. Ini dapat dibersihkan dengan cara menyikat gigi, tetapi ketika malas, plak gigi akan lebih sulit untuk dibersihkan. Sisa-sisa plak gigi yang menempel dalam jangka waktu tertentu pada permukaan gigi inilah yang akan menjadi karang gigi.

Karang gigi biasanya terbentuk di sepanjang leher gigi, yaitu di perbatasan gusi dan gigi. “Penyakit gusi terjadi ketika plak menempel di gigi dan mengitari gusi sehingga terjadi peradangan” ujar Dr. Nigel Carter, kepala eksekutif British Dental Health Foundation. Permukaan karang gigi yang kasar semakin memudahkan perlekatan plak gigi yang mengandung kuman.

Racun yang diproduksi kuman dalam plak akan menyebabkan peradangan gusi. Bakteri-bakteri yang menjadi penyebab penyakit lainnya akan sangat mudah menempel di gusi yang sudah meradang.

2Care melansir 14 daftar penyakit yang disebabkan oleh ketidakbersihan rongga mulut, yaitu karena gigi dan gusi. Penyakit-penyakit tersebut adalah,

  1. Gigi Berlubang
  2. Gusi Berdarah
  3. Penyakit Jantung
  4. Pembuluh darah tersumbat
  5. Stroke
  6. Gangguan pernafasan
  7. Ludwig’s angina
  8. Asbes otak
  9. Endocarditis
  10. Mediastinitis
  11. Pneumonia
  12. Sepsis
  13. Selulit wajah
  14. Osteomielitis rahang

DailyMail juga mengulas dampak buruk dari kebiasaan malas menggosok gigi, yaitu

  1. Disfungsi Ereksi
  2. Kehamilan tertunda
  3. Radang Sendi
  4. Bronkitis
  5. Penyakit Jantung
  6. Diabetes

Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan karena kebiasaan malas untuk menyikat gigi. Untuk itu, marilah jaga kesehatan gigi dan gusi kita dengan cara-cara berikut ini:

  • Sikat gigi dengan benar dua kali sekali terutama setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Caranya, sikatlah gigi dengan tekanan ringan dan gerakan berulang-ulang yang berputar di seluruh permukaan gigi hingga merata.
  • Bersihkan plak di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi dengan benang gigi (dental floss)
  • Rajin memeriksakan gigi secara teratur ke dokter gigi. Jangan sampai menunggu hingga terlihat karang gigi di permukaan, karena jika sudah terjadi, gigi tersebut harus dibersihkan menggunakan ultrasonic yang ada di kilinik gigi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *