Akibat Seseorang Menunda Pernikahan

Masih merasa belum mapan atau sebatas belum cukup siap, secara khusus secara ekonomi? Hal-hal yang semacam itu memang sudah biasa digunakan oleh seseorang dalam menunda pernikahan.

d 11

Tetapi sebuah penelitian paling baru menyebutkan jika justru ketika seseorang terlalu lama menunda pernikahan maka hal itu yang menjadi penyebab akan terjadinya perceraian.

Perlu Anda ketahui bahwa usia rata-rata menikah yang ada di Amerika Serikat adalah 29 tahun bagi pria dan 27 tahun untuk wanita.

Memang angka ini dianggap ideal sebab pasangan yang cukup berumur ini dinilai memiliki tingkat kedewasaan, keadaan ekonomi cukup dan juga komunikasi antara satu dengan yang lainnya lebih baik. Faktor-faktor semacam ini biasanya kemudian menjadikan pernikahan lebih langgeng hingga tua.

Hanya saja, anehnya belum lama ini ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa pernikahan yang ditunda terlalu lama justru akan menyebabkan terjadinya perceraian. Ketika seseorang menikah setelah mencapai usia 20 tahun, maka setiap tahunnya besar kemungkinan perceraian dengan pasangan akan meningkat 5%.

Penelitian ini telah dilakukan oleh Nicholas Wolfinger, seorang sosiolog dari Universitas Utah terhadap data pertumbuhan keluarga sejak tahun 2006 sampai dengan 2010.

Menurut Wolfinger, masa-masa ideal untuk menikah justru akhir kepala dua serta awal kepala tiga. Dimana itulah masa-masa yang terbaik bagi pria dan wanita untuk menikah. Wolfinger sendiri sempat merasa kaget mengetahui temuan penelitian yang dilakukannya itu.

Sebab di dalam penelitiannya yang sebelumnya telah ditemukan bahwa pasangan yang menikah saat usia mereka 30-an memiliki kecenderungan rendah mengalami perceraian.

Menurut Wolfinger, alasan banyak orang sangat terlambat menjalani pernikahan memang kecenderungannya lebih tinggi untuk bercerai, ini karena pribadi mereka masing-masing.

Baca Artikel Lainnya :

Sebagian besar orang dengan tipe semacam ini memang tidak cocok menikah. Pada umumnya (meskipun tidak semua orang), golongan orang seperti ini memiliki masalah pada hubungan interpersonal. Bisa jadi, kebanyakan dari mereka juga tidak pernah menemukan orang yang bersedia menikahi mereka.

Jadi, segeralah menikah jika ingin memiliki pernikahan yang langgeng dan bahagia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *