Alasan Anda Menekuni Bisnis Kuliner Sebagai Usaha Sampingan

Makanan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang hidup di bumi, sehingga makanan dan minuman sejak jaman dulu telah menjadi ikon paling berharga untuk kelangsungan hidup manusia yang didukung dengan faktor pemenuhan kesehatan harus memenuhi standar kesehatan dunia.

h 119

Juga, bisnis UKM dibidang makanan sangat berpotensi berhasil meraih keuntungan dalam jumlah layak dengan waktu singkat.

Asalkan anda pandai dalam menciptakan rasa dan tahu bagaimana cara melayani para konsumen maka menjadikan peluang bisnis kuliner saat ini terbuka lebar untuk siapa saja yang mampu menjalaninya.

Asalkan jangan lupa bahwa bisnis dalam semua level tentulah ada persaingan yang cukup ketat. Dibutuhkan strategi khusus untuk mampu bersaing dengan usaha yang sejenis agar bisa tetap eksis dan berkembang semakin baik.

1. Kuliner Kini Menjadi Wisata Masyarakat.

Dunia kuliner dewasa ini telah banyak mengalami kemajuan yang cukup pesat dimana sebagian masyarakat telah terbuka memandang kuliner bukan saja sebagai media buat memenuhi kebutuhan untuk makan saja agar perut terasa kenyang.

Tetapi lebih dari faktor tersebut, makanan sudah bertranformasi menjadi media multifungsi yaitu sebuah pemenuhan terhadap kebutuhan manusia untuk refreshing (di dalamnya termasuk faktor kesehatan ).

Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya masyarakat yang suka jalan – jalan ke tempat makan bukan saja sekedar karena lapar, tapi untuk tujuan wisata. Wisata kuliner kian hari semakin digemari oleh masyarakat luas dan menjadi faktor penting untuk media pendorong suksesnya para pelaku bisnis UKM dalam menekuni sebuah bisnis kuliner.

Anda dapat memanfaatkan trend tersebut pada masyarakat untuk mulai menggeluti bisnis kuliner sebagai pilihan wisata populer di masyarakat.

2. Cenderung Tidak Memerlukan Banyak Pegawai Untuk Memulainya.

Bisnis dalam skala besar seperti bisnis dibidang teknologi dan kesehatan tentulah membutuhkan banyak pegawai dengan latarbelakang pendidikan yang tinggi (bahkan hingga keluar negeri untuk mendapatkan gelar pasca sarjana).

sedangkan bisnis UKM terutama bidang kuliner lebih mudah menekuni meskipun anda adalah pendatang baru dimana bisnis ini tidak memerlukan pegawai yang memiliki pendidikan formal tinggi dan pada awal bisnis dibuka tidak membutuhkan banyak pegawai.

Anda bisa memaksimalkan anggota keluarga di rumah untuk membantu bisnis yang baru dibuka.

Misalkan anda berencana akan membuka bisnis kuliner seperti kafe atau resto, analisa kebutuhan pegawai diawal bisnis dibuka adalah hanya butuh 2 sampai 5 orang saja untuk kafe atau resto skala menengah.

Jika terjadi peningkatan omset dan pengunjung yang banyak, maka anda bisa menambah jumlah karyawan menjadi beberapa orang yang memiliki ketrampilan dibidang kuliner. Atau jika bisnis yang anda pilih berbentuk bisnis online bidang kuliner, maka anda akan membutuhkan jasa antar barang untuk konsumen pemesan di luar jangkauan kantor.

3. Kesulitan Tempat Lebih Mudah Diatasi.

Bisnis kuliner cenderung bersifat lebih fleksibel dalam pemenuhan kebutuhan tempat usaha. Mereka tidak perlu menempati ruang yang terlalu spesifik seperti harus menyewa ruko, menyewa tempat di pasar dan lainnya.

Jika anda berniat dengan kesungguhan hati misalnya fokus pada penjualan kue, manfaatkan benda – benda berguna di sekitar anda seperti mobil untuk menjajakan produk anda di awal usaha baru dirintis.

Atau anda bisa mencontoh strategi pemasaran food truck yang menjual beragam makanan restoran dan warung khusus menyediakan sayuran dan buah – buahan segar serta sekaligus lauk – pauknya.

Jadi pada dasarnya, untuk lokasi jualan, bisnis kuliner lebih mudah dan fleksibel dilakoni. Food truck menjadi sebuah alternatif yang tepat karena tidak terlalu membutuhkan banyak biaya sebagai modal awal, juga food truck bisa mobile dengan berjualan di tempat – tempat ramai.

4. Ketersediaan Bahan yang Mudah Didapatkan.

Untuk memulai bisnis kuliner, anda membutuhkan beragam bahan baku untuk membuat aneka makanan dan minuman.

Baca Artikel Lainnya :

Ketersediaan bahan baku saat ini sangat mudah diperoleh pada toko –toko penyedia bahan masakan atau pasar – pasar tradisional, tergantung anda memilih akan terjun dibisnis kuliner bagian apa.

apakah akan membuka restoran atau rumah makan, atau membuat makanan sejenis kue dan semacamnya lalu menjual pada toko – toko makanan.

Demikian info kami, semoga berguna !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *