Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Mulai Budidaya Ikan Sidat

Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Mulai Budidaya Ikan Sidat – Bila Anda sedang mencoba untuk membudidayakan ikan, namun masih memikirkan tentang ketatnya persaingan, bagaimana jika mencoba untuk budidaya ikan sidat? Ikan ini merupakan ikan yang mempunyai bentuk seperti belut, memanjang dan hidup di air tawar. Kenapa budidaya ikan ini? Karena meski pasar di Indonesia tidak begitu mengemarinya, namun ikan ini sangat diminati untuk pasar internasional, terutama di Jepang.

a

Peluang di pasar internasional

Memang, harga untuk membeli bibit ikan ini cukup mahal, bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Namun, pasar ekspor ikan ini terbuka lebar untuk Anda. Apalagi bisa dibilang pembudidaya ikan ini masih sedikit, sehingga Anda masih relatif bebas saingan. Di Jepang, ikan ini sangat populer sebagai makanan yang lezat, dan bisa dihargai lebih dari Rp100 ribu untuk tiap kilo. Anda bisa mendapatkan omzet yang cukup besar bila menyuplai untuk restoran-restoran Jepang, baik di Indonesia maupun di negaranya sendiri. Sedangkan tuntutan untuk ikan ini juga banyak dari negara seperti Belanda, Italia, Tiongkok, dan negara-negara Asia Timur lain.

Harga tinggi dan banyak benih

Ada banyak alasan kenapa memilih untuk budidaya ikan sidat ini bisa menguntungkan bagi Anda. Terutama adalah karena:

  • Harga tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ikan sidat mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Harga jual Rp100 ribu hingga Rp150 ribu untuk tiap kilonya bukanlah harga yang mustahil terjadi. Bahkan di London pernah terjadi harga ikan ini mencapai jutaan rupiah.

  • Banyak benih

Ada banyak benih untuk ikan sidat yang tersedia di Indonesia. Anda bisa menjumpai ikan ini hidup dengan bebas di sepanjang Jawa bagian selatan, dan juga pesisir Kalimantan serta Sulawesi.

Mudah pemeliharaannya

Ikan sidat tidak memerlukan tempat yang terlalu rumit untuk berkembang biak. Jadi jika Anda hendak membuat kolam, maka pastikan saja bahwa kolam Anda memenuhi hal-hal di bawah ini:

  1. Suhu

Pastikan saja bahwa suhu yang ada di dalam kolam selalu berkisar pada temperatur 29o. Temperatur hangat ini cocok bagi ikan sidat untuk berkembang biak.

  1. Oksigen

Oksigen yang ada di dalam air tempat ikan sidat berada haruslah mempunyai kadar sekitar 0,5-2,5 ppm.

  1. Tingkat keasaman

Kadar keasaman yang cocok untuk ikan menyerupai ular ini adalah 7-8 pH.

  1. Salinitas

Agar ikan sidat, terutama jenis elver, bisa berkembang dengan baik, pastikan salinitas berada pada 6-7 ppt.

Pakan mudah

Untuk urusan pakan sendiri, ikan sidat tidak memerlukan pakan yang terlalu bermacam-macam untuk bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Anda paling hanya akan memerlukan pakan seperti:

  • Cacing tanah, seperti halnya ikan-ikan pada umumnya.
  • Udang serta kepiting kecil, pastikan masih hidup.
  • Pelet dengan protein 40% ke atas.

Untuk kebutuhan nutrisinya, ikan sidat akan memerlukan kadar protein tepatnya 45% bagi yang besar, dan 50% bagi yang masih kecil.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Mulai Budidaya Ikan Sidat

  1. Pingback: Panduan Singkat Budidaya Lobster Air Tawar | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *