Alasan Kenapa Bank Menaikkan Limit Kartu Kredit Nasabahnya

Alasan Kenapa Bank Menaikkan Limit Kartu Kredit Nasabahnya – Alasan logis untuk hal ini adalah tidak lain karena nasabah itu sendiri memberikan keuntungan kepada bank. Pikirkan secara logis saja, apa fungsi utama dari dibuatnya kartu kredit ini?

Untitled

Selain untuk alasan klise nan berbungkus, yaitu menyediakan kebutuhan konsumen juga alasan fakta yang sebenarnya, yaitu mencari keuntungan dengan nilai fantastis namun tidak memberatkan nasabah.

Sebaik dan sebijak apapun kita menggunakan kartu kredit, namun bank tetap bisa mengambil keuntungan dari padanya. Bagaimana caranya? Mereka sudah membungkus semua itu dengan sistem yang tidak mudah kita pahami.

Aplikasinya begini saja, bank meletakkan sebuah atau beberapa mesin penggesek kartu kredit di sebuah toko dengan omzet mencapai 10 juta per harinya. Bank juga mengambil keuntungan dari adanya mesin ini. Sebab tanpa mesin ini, bisa dibilang kartu kredit tidak akan berfungsi J.

Besarnya keuntungan untuk bank dari satu mesin di satu toko berbeda-beda untuk bank yang berbeda pula. Bisa dibawah 1% sampai 1.5%. Katakanlah omzet toko per hari mencapai 10 juta rupiah. Maka, untuk fee 1.5%, bank akan mendapatkan keuntungan 150 ribu rupiah.

Ingat, ini hanya satu toko dengan pendapatan 10 juta. Sedangkan toko yang memasang mesin penggesek, tidak mungki hanya yang berpenghasilan 10 juta saja. Dan bank tidak mungkin juga hanya meletakkan satu mesin karena banyaknya jumlah toko, mall, dan pusat perbelanjaan lainnya.

Bayangkan kalau bank meletakkan 10 ribu mesin di satu wilayah yang cukup luas karena banyaknya toko besar dan pusat perbelanjaan disana. Berapa keuntungan untuk bank seharinya? Katakanlah omzet tiap toko pukul rata saja, 10 juta rupiah. Maka 150 ribu per hari, kalikan 30 untuk mengetahui penghasilan bank dari 1 mesin perbulannya.

Maka bank mendapatkan 4.5 juta dari 1 mesin per bulan, kalau setahun bank mendapatkan 54 juta dari 1 mesin per tahun. Sekarang, kalau 10 ribu mesin? 540.000.000.000.000!! nolnya banyak banget!! Berapa tuh?

Sekarang kita paham kenapa bank Mandiri ngotot menguasai salah satu pusat perbelanjaan yaitu hypermart. Bayangkan berapa keuntungan yang bisa dikatongi bank per tahunnya hanya dari meletakkan produk keuangan mesin penggesek kartu kredit ini di satu pusat perbelanjaan yang omzet per hari bisa mencapai milyaran rupiah!

Baca Juga : Tips Agar Tidak Bokek Dengan Mengatur Keuangan

Karena Anda sekarang sudah paham semua itu, pasti Anda juga bisa merumuskan hal lainnya terkait kenapa bank menaikkan kartu kredit nasabahnya.

Beberapa alasan lainnya adalah frekuensi penggunaan kartu kredit yang cukup sering dan hampir mencapai limit, pembayaran yang disiplin, gaji kita naik, nasabah loyal, dan bertransaksi sesuai limit. Alasan-alasan itulah yang membuat bank mempercayakan keuntungannya pada kita, dengan menambah limit kartu kredit kita.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *