Alasan Kenapa Seseorang Takut Gelap?

Alasan Kenapa Seseorang Takut Gelap?  – Setiap orang pasti mempunyai rasa takut akan sesuatu. Entah terhadap hewan, barang ataupu suatu keadaan tertentu. Salah satu rasa takut yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah takut terhadap gelap.

Untitled

Banyak sekali alasan kenapa orang  takut terhadap suasana gelap. Beberapa alasan akan kita bahas dalam artikel kali ini. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Phobia gelap

Phobia atau rasa takut terhadap gelap dalam istilah psikologis disebut dengan Nyctophobia. Dalam kondisi ini, penderita Nyctophobia memiliki rasa takut yang amat sangat terhadap suasana gelap.

Rasa takut yagberlebihan tersebut tak jarang membuat mereka merasa seperti orang lumpuh bahkan ada yang sampai mengalami susah bernapas sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran.

  1. Trauma

Dalam psikiatri, trauma mengacu pada pengalaman emosional yang menyakitkan, menyedihkan atau mengejutkan yang sering menghasilkan efek mental dan fisik berkelanjutan.

Dalam kasus ini, trauma masa lalu yang ada hubungannya dengan gelap seperti tercebur empang pada malam hari atau melihat sesuatu yang menakutkan pada malam hari, membuat seseorang menjadi takut berada dalam kondisi gelap.

Jika sudah seperti ini, maka mereka yang mengalami trauma terhadap gelap harus melakukan beberapa terapi untuk menyembuhkan traumanya tersebut supaya tidak berkelanjutan.

  1. Halusinasi

Dalam keadaan gelap, kita tidak dapat melihat apa pun yang ada di sekeliling kita. Dalam keadaan seperti ini biasanya kita akan mengalami halusinasi yaitu seolah-olah kita melihat sesuatu yang biasanya menyeramkan dalam kegelapan yang sebenarnya tidak ada.

Hal ini sebenarnya karena kita terbawa dan termainset oleh apa yang sering kita lihat di televisi.

  1. Merasa sendiri saat gelap

Sebagian orang merasa takut gelap karena alasan merasa sendiri saat mata tidak bisa melihat objek apapun.

Memang benar, saat dalam keadaan gelap, mata kita tidak dapat menangkap dan merasakan objek apapun yang ada disekitar sehingga mereka merasa kalau mereka sendiri dan sangat tidak nyaman dalam keadaan seperti itu. Terdegar sedikit lebay memang, tapi ya seperti itulah alasan mereka.hoho

Baca Artikel Lainnya :

Nah, itulah beberapa alasan kenapa seseorang bisa takut gelap. Semoga dengan membaca artikel ini, kita bisa lebih memahami orang yang takut gelap bukan malah menghujat mereka. Selamat membaca..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *