Alasan Mengapa Anak Menangis Saat Keramas

Anak yang menangis, menolak hingga berontak, atau panik saat diajak keramas merupakan hal yang umum dihadapi oleh banyak orangtua. Hal ini terutama terjadi pada anak-anak berusia dibawah tiga tahun atau umum dikenal dengan istilah batita.

s 113

Untuk menghadapi anak yang menangis pada saat keramas ini susah susah gampang. Para ibu harus bisa membujuk anak-anak agar tidak rewel dan menangis pada saat keramas. Adapun penyebab mengapa anak-anak menangis atau rewel pada saat keramas akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Shampo yang digunakan pada saat keramas kurang cocok bagi si anak.

Misalnya menimbulkan rasa perih pada mata. Atau bisa juga anak rewel karena mereka tidak atau kurang suka dengan wangi shampo yang anda gunakan.

  • Cara anda dalam mengeramas rambut si anak.

Bisa jadi cara anda mengeramasi rambut anak anda terlalu keras sehingga menimbulkan rasa sakit pada kepala si anak. Bisa juga anda terlalu terburu-buru dalam mengeramasi sehingga si anak merasa seperti tidak sedang bermain.

Keramas harus dijadikan aktivitas bermain sehingga anak dapat merasa nyaman, terutama untuk anak dibawah usia tiga tahun, dimana perlakukan yang mereka terima akan tersimpan dalam ingatan mereka.

Jika keramas kurang menyenangkan dan hal ini terekam di ingatan si anak, anak akan menjadi malas dan menolak hingga menangis ketika diajak keramas. Jika anak memiliki ingatan yang menyenangkan tentang aktivitas keramas ini, mereka tidak akan rewel dan menangis saat anda mengajak mereka keramas. Bahkan mereka mungkin saja meminta anda untuk mengeramasi mereka lebih sering.

  • Rasa takut pada anak.

Anak mungkin merasa takut akan kemasukan air saat mereka dikeramasi. Karena itu pada saat anda mengeramasi rambut anak anda, usahakan agar air tidak masuk ke mata mereka.

Baca Artikel Lainnya :

Selain takut kemasukan air, anak mungkin juga memiliki rasa takut pada saat mereka menutup mata saat kemasukan air karena pada saat menutup mata, mereka berada dalam gelap.

Demikianlah beberapa alasan yang menyebabkan anak menangis saat keramas. Dengan memahami alasan-alasan ini, anda dapat mencari cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *