Alasan mengapa bumi pernah diselimuti salju

Alasan mengapa bumi pernah diselimuti dengan salju adalah sebuah keajaiban dunia yang sangat luarbiasa. Dimana semua permukaan bumi tertutup oleh salju atau lebih dikenal denagan snowball earth.

g 90

Kejadian tersebut  terjadi kurang lebih sektar 750 juta tahun yang lalu. Yang mungkin terjadi karena tingak aktifiras vulkanik yang cukup luas didalam bawah laut. seperti itulah laporan penelitian yang terdapat paduda Jurnal Nature Geosience. Kejadian tersebutlah yang menjadi permulaan kehidupan hewan di planet bumi.

Dijelaskan oleh Profesor Eelco Rohling dari Uneversitan Nasional Australia, bahwa  snowball earth merupakan kejadian yang sangan luarbiasa yang pernah terjadi dalam sejarah. Hamper seluruh permukaan bumi diselimuti lapisan salju, dan penyebap terjadinya senowball earth belum diketahui secara pasti.

Beberapa teori yang menjadi rujukan selama ini, menjelaskan terjadinya salju yang melapisi permukaan bumiadalh ketika munculnya aliran air sungai yang menuju kelaut.dan kejadian tersebut dapat terjadi karena pecahnya benua Rodinia yang merupakan salah satu benua tebesar.

Dan susunan kimiawi yang ada didalam laut berubah karena bercampudengan aliran ari sungai, yang menyebapkan kadar karbon dioksida di atmosfer berkurang sehingga membentuk lapisan es yang semakin menebal dan akhirnya sinar matahari yang masuk ke bumin terpantul kembali sehingga temperature di bumi semakin dingin.

Yang berdampak pada lautan yang mulai membeku dan bumi menjadi snowball. Disana dijelaskan juga bahwa kejadian tersebut terjadi sangatlama bahkan sampai mencapai jutaan tahun.

Dan dijelaskan berakhirnya kejadian snowball terebut dikarenakan aktuvitas vukanik didaratan yang akhirnya melepaskan banyak karbon dioksida keatsmosfer yang menyebapkan suhu berubah menjadi semakin menghangat.

Berbagai simulasi dilakukan oleh professor rohling dan timnya  yang menyebapkan terkikisnya karbon dioksiad diatsmosfer adalah pecahnya benua trbesar rodinia yang mengeluarkan bahan bahan kimiawi vulkanis.

Sesuai dangan teori yang dikembangkannya, professor rohling menjelaskan padasaat terjadi pecahan benua rodina , terjadi aktivitas vulaknik didalm lautan yang disebut dengan hyaloclastite yang memiliki berbagai macam kandungan kimiawi.

Baca Artikel Lainnya :

Pada saat itu banyak pertanyaan tentang bagaimana bias benua raksasa tersebut mengirim banyak mineral kelautan jika pada saat itu es masih menyelimuti dataran.? Kemudian profesor rohling menjelaskan bahwa bebatuan hyaloclastite yang mengirim mineral mineral tersebut kelautan.

Sehinga memungkinkan zat-zat alga untuk melakukan fotosintesa ketika suhu bumi yang mulai menghangat. Dan es mulai mencair, sehinga sinar mata hari dapat menyinari bumi lagi. Dan Itulah tadi salhsatu alasan mengapa bumi pernah diselimuti oleh salju.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *