Alasan mengapa CPU Hosting Full 100 %

Bagi Anda yang lekat dengan komputer dan cara kerjanya, Anda pasti tidak asing dengan CPU atau Central Processing Unit. Komponen komputer satu ini merupakan komponen keras yang sangat vital bagi bekerjanya sebuah komputer dan hubungannya cukup erat dengan Random Access Memory atau RAM.

Terutama Anda yang sangat dekat atau bahkan terjun langsung dalam dunia internet dan aktif menjadi blogger, Anda mungkin akan sangat bosan menghadapi permasalahan CPU usage yang selalu mencapai 100%.

k 80

CPU usage yang tinggi ini selalu memicu timbulnya masalah dan emosi pengguna akibat dari kinerja komputer yang melambat.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan CPU usage  dapat mencapai angka yang tinggi bahkan mencapai batas full? Ada beberapa alasan yang mendasari dan memperkuat CPU usage mencapai angka 100%. Beberapa alasan tersebut adalah:

  1. Anda melakukan tugas menggunakan komputer Anda dalam jumlah yang relatif tinggi dan berkelanjutan sehingga CPU mau tidak mau harus menyelesaikan proses tersebut. Akibatnya, resources yang tersedia termakan terlalu banyak hingga CPU usage mencapai 100%.
  2. Anda melakukan multitasking menggunakan komputer Anda. Beberapa program yang Anda butuhkan harus dibuka secara bersamaan meski tak semuanya Anda sentuh. Hal ini memicu CPU usage mencapai 100%.

Dua alasan tersebut disinyalir menjadi alasan klasik mengapa CPU usage bisa mencapai batas maksimal. Hal yang lebih parah bisa terjadi ketika komputer Anda bekerja terlalu lama dan menimbulkan kalor dalam jumlah tertentu.

Hal ini akan berdampak pada rusaknya perangkat keras lainnya yang terdapat dalam CPU maupun perangkat keras pendukung komputer tersebut. Jika sudah begini, satu-satunya alternatif yang bisa Anda lakukan untuk segera menyelamatkan komputer Anda adalah dengan menekan tombol Alt, Shift, dan Delete secara bersamaan.

Dengan cara ini, Anda akan menemukan proses yang tercatat memakan memory dan CPU usage paling besar sehingga Anda bisa melakukan end process terhadap aplikasi program tersebut.

Sayangnya, cara ini tidak selalu memberikan hasil yang cukup memuaskan sehingga pengguna bisa lebih emosi dan merasa frustasi, terutama mereka yang tidak sanggup bekerja dengan hal yang berjalan secara lambat.

Jika Anda sudah melakukan alternatif sebelumnya dan tidak menemukan VSCHOST.EXE yang Anda curigai, lakukan beberapa hal berikut.

  • Cek suhu CPU dengan sebuah software dan pastikan suhu CPU berkisar antara 45 hingga 55 derajat Celcius.
  • Aktifkan perangkat lunak antivirus untuk menemukan virus yang mungkin bersembunyi secara rapi dalam perangkat Anda.

Baca Artikel Lainnya :

  • Matikan program start up yang tidak terlalu penting dan tidak terlalu sering digunakan.
  • Bersihkan registry error dengan bantuan fix program yang terkenal seperti Tune Up Utility maupun CC Cleaner.

Itulah beberapa alasan dan cara untuk menyelesaikan permasalahan CPU usage mencapai 100%.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *