Alasan Mengapa di Planet Saturnus Sering Terjadi Badai

Fakta menyebutkan bahwa badai tidak hanya terjadi di planet bumi semata. Planet saturnus juga kerap diterpa badai, bahkan berlipat-lipat lebih dahsyat ketimbang badai yang ada di bumi.

c 41

Ini didasarkan pada gambar-gambar yang diambil dari luar angkasa yang menunjukkan adanya pola berbentuk memutar yang mirip seperti badai diambil oleh satelit Voyager pada 1981.

Beberapa abad kemudian, tepatnya 2012, NASA mengetahui jika pusaran itu adalah angin badai yang menerjang planet saturnus dengan kecepatan lebih dari 300 km per jam dan bahkan bisa saja terjadi berpuluh-puluh tahun atau bahkan ratusan tahun.

Waktu rotasi saturnus

Pola pusaran badai yang tertangkap mata kamera para antariksawan diyakini dihasilkan dari proses perputaran saturnus terhadap porosnya atau rotasi saturnus. Saturnus mengelilingi matahari selama 29,5 tahun. Namun, berputar pada porosnya sendiri selama 10 jam.

Bisa dikatakan, hanya dalam waktu kurang dari setengah hari, sudah terjadi pergantian hari di planet saturnus. Akibat waktu rotasi yang sangat cepat inilah, badai dengan kecepatan angin yang luar biasa sering terjadi. Ibaratnya, jika bola terus diputar secara konstan, maka angin di sekitar bola juga akan bertiup lebih kencang.

Gambaran inilah yang bisa menjadi penjelasan sederhana mengapa di planet saturnus sering terjadi badai.

Badai dahsyat saturnus

Bicara tentang badai yang terjadi di planet saturnus. Para antariksawan menyebutnya dengan “Badai Mawar Satunurs”. Hal ini dikarenakan bentuk pusaran badai yang berwarna merah seperti kelopak bunga mawar yang sedang merekah berukuran raksasa.

Baca Artikel Lainnya :

Konon badai ini seukuran dengan benua Australia. Badai ini bisa terjadi selama puluhan atau berabad-abad. Mencapai kecepatan empat kali lipat kedahsyatan badai di bumi. Apabila diukur lebih jauh, badai yang terjadi di planet saturnus berdiameter sekitar dua kali diameter bumi atau kurang lebih 12.000 km.

Nah, beruntung kita masih hidup di planet bumi. Bila dibandingkan dengan planet saturnus, badai yang ada di bumi tidak ada seujung kuku alias tidak ada apa-apanya. Namun begitu, kita lantas tak boleh meremehkan badai atau bahkan berlaku sombong. Semoga artikel ini berguna ya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *