Alasan Mengapa pelari selalu terlihat bahagia?

Mernurut hasil studi terbaru  menunjukkan bahwa pelari yang senang berlari di pagi hari sebelum melakukan sarapan cenderung  akan mengalami bahagia dan euforia. Paenyebab dari hal ini adalah berasal dari hormon leptin.

e 67

Leptin ini berubungan langsung dengan rasa penuh dan kenyang. Hormon tersebut akan meningkat saat kita selesai makan.

Menurut sebuah studi yang telah di terbitkan di jurnal Cell Metabolism, riset menunjukkan dampak leptin pada otak tikus karena leptin tikus juga menyerupai manusia. Ilmuwan mencoba untuk mengganggu persinyalan leptin pada sekelompok tikus, menipu otak yang akan mengira kadar leptin itu rendah.

Tikus-tikus tersebut akhirnya memilih untuk menggandakan jarak lari pada roda mereka dibanding dengan kelompok tikus yang kadar leptinnya tidak di ganggu.

Sebagai tambahan, tikus-tikus itu juga diberi pilihan antara ruangan dengan roda lari, ruangan dengan roda terkunci dan tidak terpakai. Tikus dengan kadar leptin rendah memilih menghabiskan waktunya pada ruangan dengan roda untuk berlari.

Penemuan ini pun membuktikan bahwa kadar leptin yang rendah membuat tikus ingin berlari jauh namun mereka lebih menikmatinya. Stephanie Fulton seorang ahli neurobiologi dari University of Montreal dan seorang peneliti senior untuk studi ini , meyakini bahwa hal tersebut juga akan berlaku sama pada tubuh manusia.

Terlihat pada pelari yang memiiki leptin rendah akan berperan dalam euphoria, perasaan abhagia, dan kenikmatan yang disebut juga dengan runner’s high.

Sanagt masuk akan bila pelari yang konsisten berlatih pada akhirnya memiliki kadar leptin yang lebih rendah, menikmati lari, dan akan merasa bahagia saat berlari jauh. Memang sepertinya hal ini terdengar seperti paradoks jika sesuatu yang menyebabkan lapar bisa membuat kita berlari lebih jauh dan merasa jauh lebih bahagia.

Kana tetapi sepertinya memang masuk akal jika ditinjau dari perspektif teori evolusi. Saat manusia purba kurang makanan, mereka harus berjalan jauh untuk keperluan mencari makanan. Runner’s high bisa dikatakan mungkin berevolusi untuk memotivasi terus berlari dan memastikan mereka mendapat makanan yang dibutuhkan.

Walaupun begit bukan berarti kita juga boleh berlari jarak jauh denagn intensitas yang sering dalam keadaan perut kita kosong. Bisa jadi, justru Anda malah mengalami hal yang jauh mengerikan dari euphoria yang telah dialami seperti para pelari lain.

Baca Artikel Lainnya :

Karena penting untuk Anda dalam mengisi perut dengan benar sehingga bisa berolahraga lari dengan lebih baik. Penemuan dari penelitian ini merupakan salah satu bentuk teori ilmiah yang menjelaskan mengapa pada saat lari di pagi hari dapat menyegarkan tubuh dan pikiran.

Nah itulah sedikit penjelasan yang perlu Anda ketahui mengenai mengapa para pelari selalu terlihat bahagia.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *