Alasan Mengapa Semakin Tinggi Suatu Daerah Maka Semakin Dingin

Sebagian besar orang mungkin penasaran, ketika mendaki gunung atau berada di tempat yang tinggi seperti puncak, seketika suhu udara berubah menjadi dingin dan terkadang menyesakkan dada. Padahal, ketika berada jauh di pemukiman penduduk atau perkotaan yang berada di bawah kaki gunung, udaranya sangat panas.

a 81

Hal ini sering dialami oleh para pendaki gunung. Semakin mereka menuju puncak gunung udara akan semakin dingin dan napas tersengal-sengal. Jika tidak waspada atau kurang hati-hati besar kemungkinan para pendaki akan jatuh sakit atau kedinginan.

Lantas, apa penjelasan untuk fenomena yang terjadi pada suatu tempat yang tinggi udara menjadi semakin dingin? Bagi Anda yang penasaran atau bertempat tinggal di dataran tinggi yang belum tahu jawabannya, harus baca terus artikel ini sampai habis ya…

Dipengaruhi tekanan udara

Tekanan udara bagaimana maksudnya? Nah, udara memiliki sifat untuk menekan udara yang ada di bawahnya. Akibatnya, daerah-daerah yang berada di dataran rendah atau di bagian bawah akan semakin tertekan hingga menjadi rapat.

Kerapatan molekul udara yang sangat sesak inilah yang menyebabkan suhu pada dataran rendah menjadi lebih panas. Sementara, suhu udara yang ada di dataran tinggi atau tempat tinggi menjadi lebih dingin karena tidak ada kerapatan udara yang menekan alias molekul udara lebih bebas bergerak.

Gerak Brown

Soal perbedaan suhu pada dataran rendah dan dataran tinggi juga bisa dikaitkan dengan teori Gerak Brown. Secara umum, teori ini menjelaskan bahwa molekul yang terdapat di udara selalu bergerak dan tidak pernah diam. Ketika molekul-molekul ini bergerak di udara, bisa jadi akan saling bertabrakan, bergesekan, bertumbukan hingga memproduksi energi gerak.

Energi gerak inilah yang akan menjadi cikal bakal peningkatan ataupun penurunan suhu di dataran. Singkatnya, ingatlah bahwa jika molekul udara semakin banyak menghasilkan energi gerak ia akan meningkatkan suhu. Ini sering terjadi di dataran rendah yang terdapat banyak penduduk.

Baca Artikel Lainnya :

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa semakin tinggi suatu tempat, maka tekanan udara juga akan tipis. Jika tidak banyak tekanan udara maka energi gerak juga kian mengecil. Kalau sudah begitu, maka molekul udara tidak banyak bergesekan yang menjadikan suhu udara di tempat tinggi semakin dingin.

Nah, kini Anda sudah tahu jawabannya mengapa di dataran tinggi udaranya lebih dingin. Terus membaca dan membuka wawasan Anda yuk…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *