Alasan Mengapa Tanggal 29 Pebruari Merupakan Tahun Kabisat

Beruntunglah bagi Anda yang lahir tepat pada tanggal 29 Pebruari. Setidaknya, empat tahun sekali Anda baru bisa merayakan ulang tahun dengan pesta bersama teman-teman atau keluarga. Jadi, Anda tidak perlu repot merayakan ulang tahun setiap tahun yang terkadang membuat rekening tabungan menipis, kan?

c 44

29 Pebruari terjadi hanya setiap empat tahun sekali atau disebut dengan tahun kabisat. Banyak orang yang awam mungkin bertanya-tanya mengapa tanggal 29 Pebruari adalah tahun kabisat?

Kenapa Tahun Kabisat  Terjadi pada Tanggal 29 Februari?

Secara logika, mungkin kebanyakan orang berpikir jika perjalanan waktu untuk menghitung tahun didasarkan pada revolusi bumi atau proses perputaran bumi mengelilingi matahari.

Dalam satu tahun, sebenarnya revolusi bumi terjadi sekitar 365 ¼ hari. Dikarenakan hitungan yang tidak pas ini, maka bangsa Romawi menggenapkan hari menjadi 366 setiap empat tahun sekali.

Kenapa harus tanggal 29 Pebruari?

Ada alasan politik di balik penobatan tanggal 29 Pebruari menjadi tahun kabisat. Pada zaman Romawi kuno, Kaisar Julius (Julius Caesar) telah mengesahkan Maret sebagai bulan pertama dalam satu tahun.

Dan bukan Januari seperti sekarang. Sementara, bulan Pebruari pada waktu itu disahkan sebagai bulan terakhir dalam satu tahun, dan bukan bulan Desember. Kemudian, seiring pergantian kekaisaran. Kaisar Julius mangkat dan digantikan oleh Kaisar August. Ia memerintahkan agar menggenapkan bulan Agustus yang sesuai namanya menjadi 31.

Baca Artikel Lainnya :

Tidak ada cara lain yang bisa ditempuh untuk melaksanakan perintah ini kecuali mengambil satu hari di bulan terakhir pada zaman Romawi kuno, yaitu bulan Pebruari. Saat itu, bulan Pebruari yang genap 30, diambil satu hari menjadi 29 hari saja.

Itu dia asal-muasal tanggal 29 Pebruari dinobatkan sebagai tahun kabisat yang hanya terjadi setiap empat tahun sekali. Berbahagialah bagi Anda yang berulang tahun setiap tanggal 29 Pebruari karena Anda berulang tahun pada hari yang sangat-sangat istimewa. Semakin lama menunggu hari ulang tahun, maka perayaan pesta hari lahir akan semakin berkesan, bukan?

Semoga artikelnya bermanfaat ya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *