Alasan Mengapa Upin Dan Ipin Memiliki Kepala Botak

“Atoookkkk…. Oooo atokkkk!” coba tebak siapa tokoh yang seringkali mengucap sapaan itu? Masih belum ingat? Coba kalimat ini “kak roooosss! Opaaaaaa!” sudah ingat? Atau mau dicoba kalimat pamungkas ini “betul.. betul… betul!” iya betul sekali ini tentang Upin dan Ipin.

Dua kakak beradik yang terlahir kembar. Mereka memiliki seorang kakak perempuan yang baik hanya saja terkadang mudah marah bernama Ros.

p 46

Kejenakaan kedua bocah yang masih duduk di bangku sekolah Taman Kanak Kanak ini ada kalanya menguji kesabaran teman – teman sebaya dan orang – orang dewasa yang dekat dengan kehidupan mereka.

Upin dan Ipin digambarkan dengan karakter anak – anak lucu, berwajah ramah dan ceria, berkulit sawo matang, bermata besar, pipi yang penuh selayaknya anak a- anak yang menggemaskan dan yang paling menonjol adalah Upin memiliki sedikit rambut di tengah kepalanya sedangnkan Ipin sama sekali tidak ada rambutnya.

Mengenai kepala Upin dan Ipin yang botak, bukan dilakukan secara tidak sengaja. Hal ini dilakukan dengan alasan teknis.

Dimana jika karakter Upin dan Ipin digambarkan sebagai anak yang memiliki rambut, hal ini akan butuh  waktu lama dalam proses kreatifnya. Karena ternyata membuat rambut pada gambar animasi sangatlah sulit.

Sebagai salah contoh yang dapat memberikan gambaran bahwa membuat rambut dalam film animasi itu sulit adalah film animasi berjudul Brave. Tokoh utama dalam film ini berna Merida, yang digambarkan memiliki rambut yang sangat bagus, ikal, panjang dan lebat.

Ingin tahu berapa lama proses kreatif pembuatan rambut tersebut baik secara digital maupun manual? Ya 3 tahun saja! Coba bayangkan.

Jadi inilah mengapa pendiri Les’ Copaque Production, rumah produksi pembuat “Upin & Ipin”, Burhanuddin Md Radzi memilih karakter Upin dan Ipin dalam tampilan kepala yang plontos.

Baca Artikel Lainnya :

Ia pun menambah tidak hanya waktu yang akan banyak dibutuhkan tetapi juga sumber daya, sumber dana, peralatan lunak maupun peralatn keras yang menjadi faktor penunjang dalam pembuatan tokoh animasi yang memiliki rambut.

Jadi itulah alasan mengapa kepala Upin dan Ipin tetap saja plontos walalpun kita sudah mengenal mereka sejak tahun 2009.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *