Alasan Tidak Boleh Mencukur Bulu Ketiak Terlalu Sering

Bagi sebagian orang, bulu ketiak adalah hal yang menjijikan. Sehingga tidak jarang orang mencukur atau mencabuti bulu ketiak mereka hingga habis. Gengsi menjadi salah satu alasan kenapa orang mencukur bulu ketiak karena malu ketika ada orang lain yang melihat bulu ketiak mereka.

Terlebih kini mode berpakaian lebih kepada jenis pakaian tanpa lengan sehingga bulu ketiak seakan- akan menjadi hal yang merusak keindahan pakaian tersebut.

s 130

Namun ternyata mencukur bulu ketiak bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Karena menurut para peneliti, seringnya kita mencukur bulu ketiak akan berdampak kepada kesehatan kita. kira- kira apa saja ya efek dari mencukur bulu ketiak? Berikut beberapa penjelasannya:

  1. Mencukur bulu ketiak secara berlebih dengan menggunakan benda tajam sangat berpotensi untuk merusak permukaan kulit. Bukan tidak mungkin permukaan kulit yang bersentuhan dengan alat cukur mengalami luka yang tidak terlihat. Luka yang terlihat akan sangat mudah di obati namun luka yang tidak terlihat akan sangat berpotensi menjadi sumber dari berbagai macam penyakit. Terlebih ketiak merupakan salah satu titik dimana keringat paling sering keluar. Bagaimana jika keringat yang keluar dan mengenai luka yang tidak terlihat itu? keringat yang keluar dari tubuh mengandung kuman- kuman yang memang sengaja dikeluarkan oleh tubuh, namun karena ada luka yang tidak terlihat, kuman- kuman tersebut memiliki kemungkinan untuk kembali masuk kedalam tubuh.
  2. Sama halnya dengan mencukur bulu ketiak. Mencabuti bulu ketiak secara berlebihan atau sering juga memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Karena mencabuti bulu ketiak sampai akarnya sama saja kita telah membuat lubang menganga di permukaan kulit ketiak. Lubang yang menganga tersebut akan menjadi tempat bagi virus- virus atau zat- zat kimiawi berbahaya masuk melalui penggunaan deodorant secara berlebih. Jika zat- zat kimia tersebut masuk kedalam tubuh melalui lubang bulu ketiak itu maka, bagi seorang wanita, potensi terkena kanker payudara akan sangat besar.
  3. Efek lain dari pencabutan atau pencukuran bulu ketiak sampai habis adalah penyakit kenker kelenjar getah bening. Daerah sekitar ketiak merupakan daerah yang memiliki banyak kelenjar getah bening. Jika pori- pori ketiak dimasuki oleh zat kimia dari deodorant dan langsung menyentuh kelenjar getah bening ini, secara otomatis zat- zat kimia tersebut akan terbawa ke seluruh penjuru tubuh seperti paru- paru, otak, dan jantung. Kelenjar getah bening yang sudah terinfeksi zat- zat kimiawi akan sangat mudah menjadi kanker yang dapat menyebar ke organ- organ vital manusia lainnya.

Itulah beberapa efek yang akan terjadi ketika kita terlalu sering mencukur atau mencabut bulu ketiak. Ternyata bulu ketiak bukanlah sesuatu yang sepele walaupun kehadirannya tekadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Tapi dengan mengetahui efek apa saja yang akan kita alami ketika mencukur atau mencabut bulu ketiak ini diharapkan kita semua dapat mengambil tindakan yang bijaksana dalam masalah bulu ketiak ini.

Baca Artikel Lainnya :

Ada baiknya jika memang ingin menghilangkan bulu ketiak, kita bisa mengguntingnya dengan gunting atau alat khusus. Karena dengan mengguntingnya, ketiak tidak akan mengalami luka dan pori- pori kulit di ketiak tetap tertutup. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *