Alexander Graham Bell, Awal Mula Terciptanya Telepon dan Handphone

Alexander Graham Bell, Awal Mula Terciptanya Telepon dan Handphone – Kamu tahu telepon dan handphone kan?

Ya benda ini mungkin memang sudah tidak asing lagi karena sudah banyak orang yang memilikinya.

kace

Hampir setiap orang baik muda hingga lanjut usia tidak mampu terlepas dari alat komunikasi ini setiap harinya, bahkan telepon dan handphone ini sudah dikaterogikan sebagai kebutuhan yang sangat penting. Tapi,apakah kamu tahu bagaimana sejarah terciptanya alat komunikasi ini?

Sebelum adanya telepon dan handphone, manusia menggunakan surat sebagai media untuk berkomunikasi menyampaikan pesan kepada orang lain.

Kendala dari penggunaan surat ini adalah pesan yang disampaikan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai kepada orang yang dituju begitu pula sebaliknya. Selain surat, manusia juga menggunakan telegraf untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.

Namun, telegraf tersebut membutuhkan sandi morse dan hanya sebagain orang saja yang mempunyai telegraf tersebut sehingga sulit untuk dijangkau oleh orang banyak karena dipengaruhi oleh kepemilikan barang tersebut.

Berdasarkan keadaan tersebut, terdapat seorang ilmuan yang terus melakukan percobaan dengan mengukur tinggi rendah nada getaran bunyi terhadap gelombang bunyi yang merambat melalui telinga manusia.

Ilmuan tersebut bernama Alexander Graham Bell yang ditemani oleh asistennya Thomas Watson terus membuat percobaan hingga akhirnya terciptalah telepon. Telepon tersebut kemudian mereka kenalkan kepada publik dan mendapat respon yang baik.

Alexander Graham Bell yang memiliki perusahaan Bell Telephone Company terus membuat perbaikan dan modifikasi demi menyempurnakan telepon yang dibuatnya. Telepon pertama kali berbentuk kotak dengan terdapat nomor sebagai tujuan komunikasi.

Awalnya telepon tersebut hanya mampu menjangkau jaringan lintas daerah. Bell bersama asisten serta para ilmuan lainnya terus melakukan perbaikan dan pengembangan agar telepon semakin berkembang hingga akhirnya telepon tersebut dapat menjangkau jaringan yang lebih luas hingga ke lintas negara.

Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan akan alat komunikasi terus berkembang. Mengingat banyaknya kepentingan dari aktivitas manusia menjadikan ide membuat telepon tersebut menjadi lebih praktis dan dapat digunakan dimana kan kapan saja.

Berdasarkan prinsip telepon yang sudah ada, para ilmuan terus mencoba memodifikasi telepon untuk dapat mobile dengan bentuk yang lebih kecil pula sehingga penggunaannya lebih praktis, alat tersebut terkenal dengan nama telepon genggam atau handphone.

Transformasi telepon menjadi handphone bermula pada tahun 1908 yang diciptakan oleh Dr. Martin Cooper.

Awalnya bentuk handphone juga memiliki ukuran yang cukup besar dengan segala keterbatas fungsinya. Semakin berkembangnya jaman, banyak para ilmuan yang terus mengembangkan alat kemunikasi tersebut hingga selain menelepon handphone tersebut juga dapat membuat pesan seperti layaknya telegraf.

Bahkan selain jaringan telepon, jaman yang semakin modern seperti sekarang ini terdapat jaringan penting lainnya yaitu internet.

Baca Artikel Lainnya :

Handphone tersebut semakin dikembangkan dengan menggabungkan internet dan handphone tersebut disebutlah sebagai smartphone. Penemuan handphone memang menjadi hal yang sangat revolusioner bagi peradaban umat manusia dan menjadi barang yang sangat berperan dalam kehidupan manusia itu sendiri.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *