Alexander III Macedon, Raja Pelindung Yunani

Alexander III Macedon, Raja Pelindung Yunani – Lebih dikenal dengan sebutan Alexander the Great yang berarti pelindung manusia. Alexander the Great merupakan seorang raja dari kerajaan Yunani Kuno dari Macedon dan merupakan salah satu anggota dinasti Argead, sebuah dinasti terkenal yang berkuasa di zaman kuno.alexander

Alexander the Great lahir pada tahun 356 sebelum masehi di pella yang merupakan pusat kerajaan Macedon. Alexander the Great mewarisi tahta kerajaan dari ayahnya Philip II ketika Alexander the Great masih berumur dua puluh tahun.

Alexander the Great menghabiskan paling banyak tahun – tahunnya memimpin pada agresi militer yang belum pernah terjadi sebelumnya ke seluruh Asia dan Afrika serta ketika Alexander the Great berumur tiga puluh tahun Alexander the Great telah membuat sebuah kerajaan besar di zaman kuni, menjangkau dari Yunani sampai Mesir dan juga sampai ke India.

Alexander the Great tidak terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai pemimpin militer paling sukses dalam sejarah. Alexander the Great merupakan anak dari istri ke empat bernama Olympias yang merupakan anak dari raja Epirus, Neoptolemus.

Selama masa mudanya, Alexander the Great mendapat pengajaran dari filsuf Aristoteles sampai Alexander the Great berumur enam belas tahun. Setelah ayahnya Philip II dibunuh pada 336 sebelum masehi, Alexander the Greatlah yang mewarisi tahta dan memimpin kerajaan menjadi kerajaan yang kuat dan memiliki tentara yang berpengalaman dalam berperang.

Alexander the Great telah diberikan penghargaan generalship dari Yunani dan menggunaakan kekuasaan yang diberikan ayahnya untuk menguasai Persia. Di tahun 334 sebelum masehi, Alexander the Great berhasil menyerbu kerajaan Achaemenid.

Alexander the Great memecahkan kekuatan Persia di sebuah serangkaian pertempuran yang dikenal dengan perang Issus dan Gaugamela. Kemudian Alexander the Great menyingkirkan raja Persia yang bernama Raja Darius III dan menguasai kerajaan Achamenid seluruhnya. Di mana kerajaan ini menguasai laut Adriatic hingga sungai Indus.

Mencari hingga mencapai akhir dunia dan lautan luas terluar, Alexander the Great menyerbu India di tahun 326 sebelum masehi tetapi pasukannya terpaksa kembali. Alexander the Great meninggal di Babylon pada tanggal 10 Juni tahun 323 sebelum masehi, kota yang direncanakan oleh Alexander the Great untuk dibangun sebagai pusat kerajaannya.

Tanpa rencana yang disyahkan akan menyerbu Arabia. Tahun selanjutnya setelah kematiannya, serangkaian perang sipil memecah kerajaan sehingga beberapa tempat dipimpin oleh Daidochi yang merupakan jenderal Alexander the Great yang selamat dan juga pewarisnya.

Setelah meninggalnya Alexander the Great, nama Alexander terus dikenang di berbagai tempat, dan terdapat 20 kota yang memakai nama Alexandria. Alexandria paling dikenal di Mesir. Alexander the Great menjadi patokan pemimpin militer dan pendidikan militer seluruh dunia masih sering mengajarkan taktik – taktik milik Alexander the Great. Selain itu, Alexander the Great juga sering dianggap sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia.

Baca juga : Adam Smith, Ahli Ekonomi Kapitalis

Loading…

One thought on “Alexander III Macedon, Raja Pelindung Yunani

  1. Pingback: James Madison, Presiden Ke Empat Amerika Serikat | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *