Alverroes atau Ibnu Rusyd, Ilmuwan Kedokteran dan Filosofi

Biografi Alverroes atau Ibnu Rusyd, Ilmuwan Kedokteran dan Filosofi-Ibnu Rusyd lahir pada tanggal 14 April 1126 di Cordoba, Al Andalus (saat ini Spanyol). Ibnu Rusyd lebih dikenal dengan nama Alverroes yang merupakan bahasa latin dari nama Ibnu Rusyd.alverroes

Ibnu Rusyd merupakan ilmuwan yang memiliki banyak talenta yang berasal dari Andalusia. Ibnu Rusyd banyak memiliki karya atau tulisan di berbagai bidang ilmu seperti logika, filosofi islam, teologi, kedokteran, politik, psikologi, geografi, matematika astronomi, fisika dan lain – lain. Karya – karya Ibnu Rusyd disebut Averroism banyak digunakan pada abad ke 13.

Ibnu Rusyd merupakan salah satu pembela atau mendukung filosofi milik Aristoteles yang bertentangan dengan teologi Ash’ari yang dibawa oleh Al Ghazali. Meskipun Ibnu Rusyd merupakan murid resmi Sekolah Maliki yang mempelajari hukum Islma, gagasan – gagasan filosofi Ibnu Rusyd dianggap controversial dalam siklus muslim Ash’ari.

Al Ghazali percaya bahwa setiap sikap individu dari suatu kejadian alam terjadi hanya terjadi karena kehendak Allah SWT. Sedangkan Ibnu Rusyd bersikeras fenomena diikuti hukum alam yang Tuhan buat. Ibnu Rusyd yang belajar hukum islam justru malah bertentangan dengan filosofi islam dan malah mendukung filosofi barat dan Kristen. Ibnu Rusyd mempunyai dampak yang besar bagi orang – orang Kristen Eropa. Ibnu Rusyd banyak menjelaskan secara rinci dan menyebarkan filosofi – filosofi Aristoteles selama hidupnya.

Ibnu Rusyd merupakan cucu dari Abu Al – Wahid Muhammad yang merupakan kepala hakim Cordoba kemudian ayahnya bernama Abu Al – Qasim Ahmad yang juga kemudian menjabar seperti ayahnya hingga tahun 1146. Pendidikan Ibnu Rusyd mengikuti jalan tradisi, di awali dengan belajar Hadist, bahasa, hukum dan pelajaran teologi.

Selama hidupnya Ibnu Rusyd menulis filosofi dan agama secara berlebihan, sifat Tuhan, awal mula alam semesta, metafisika dan prikologi. Secara umum dipercayai bahwa Ibnu Rusyd dimungkinkan pernah diajarkan oleh Ibn Bajjah. Pendidikan kedokteran dibimbing oleh Abu Jafar ibn Harun dari Trujillo di Seville. Ibnu Rusyd memulai karirnya dengan bantuan Ibn Tufail. Kemudian Ibn Tufail memperkenalkannya dengan Ibn Zuhr yang merupakan ilmuwan fisika muslim yang menjadi guru Ibnu Rusyd dan juga menjadi sahabat Ibnu Rusyd.

Kecerdasan Ibnu Rusyd dalam bidang kedokteran dicatat pada zamannya dan dapat dilihat dalam karya utamanya yang bertahan yaitu Kitab al – Kulyat fi al – Tibb, yang dipengaruhi oleh Kitab al – Taisir fi al – Mudawat wa al – Tadbir karya milik Ibn Zuhr. Banyak karya Ibnu Rusyd yang telah ditranslate ke bahasa latin dan yahudi sehingga kemungkinan besar sebagian besar karya aslinya Ibnu Rusyd sudah tidak ada lagi.

Filsafat Ibnu Rusyd terdapat dua jenis, seperti filsafat yang dimengerti oleh orang – orang Eropa di abad pertengahan masehi, yang ke dua filsafat Ibnu Rusyd yang mengenai akidah serta sikap beragamanya. Ibnu Rusyd meninggal di Marrakesh (saat ini Maroko) pada tanggal 10 Desember 1198 dan jasad Ibnu Rusyd dimakamkan di pemakaman Cordoba.

Baca juga : Siapa Sih Ilmuwan Kimia Modern Pertama Asal Irlandia?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *