Ancaman dan Pencegahan Hama dan Penyakit untuk Bunga Mawar

Ancaman dan Pencegahan Hama dan Penyakit untuk Bunga Mawar – Mawar adalah salah satu dari jenis bunga yang berasal dari genus Rosa. Tanaman semak ini memiliki species yang mencapai 100 buah lebih.

Untitled

Pada umumnya, tanaman yang dipergunakan sebagai tanaman hias ini memiliki tinggi yang dapat mencapai 2-5 meter. Ciri dari tanaman ini adalah memiliki duri pada batangnya. Sama seperti tanaman yang lainnya, mawar juga memiliki hama dan penyakit yang dapat menjadi ancaman.

Thrips

Thrips atau Thaeniothrips sp. Merupakan salah satu hama yang dapat menyerang hingga 45% dari daun muda dan bunga yang sedang mekar. Hama ini mulai menyerang ketika awal penanaman hingga berbunga dan dapat ditemukan di celah daun dan daun yang masih kuncup.

Tanda mawar terserang Thrips ini adalah terdapat gigitan pada permukaan daun dan menjadi keabu-abuan lalu menjadi kecoklatan. Cara pengendaliannya dengan insektisida dengan bahan aktif dimetoat, Lannate 25 WP atau diafentiuron sesuai dosis.

Bercak hitam dan pengendalian organisme pada mawar

Daun pada mawar yang terkena hama biasanya ada bercak hitam. Penyebabnya adalah jamur bernama Marsonina rosae (Lib.) Lind. Gejala dari bercak hitam ini adalah terdapat bercak hitam yang pekat pada tepi daun yang bergerigi yang nantinya akan membesar sehingga jaringan daun yang ada di sekitarnya menguning.

Pengendaliannya dengan memangkas bagian yang terserang dan menjaga sanitasi kebun serta menyemprot dengan fungisida yang berbahan aktif mankozeb dan propineb.

Untuk menghindari hama dan penyakit pada bunga mawar, diperlukan pengendalian organisme pengganggu tanaman dengan prinsip PTT. Caranya adalah:

  • Kultur teknis yaitu menggunakan benih yang sehat, mengatur jarak tanaman, pemupukan yang berimbang sesuai dengan dosis yang dianjurkan, pengelolaan air yang baik serta pergiliran tanaman.
  • Mekanis adalah melakukan pengamatan pada tanaman dan memusnahkan telur, larva dan imago yang menyerang dan memusnahkan tanaman bila gejala serangan telah masuk tahap gawat agar tidak menjalar ke tanaman lain.
  • Secara biologi dengan menggunakan musuh alami hama misalnya pupa, patogen serangga
  • Secara kimiawi dengan menggunakan pestisida

Penanggulangan embun tepung pada mawar

Mawar dapat terkena penyakit embun tepung yang menjadi masalah utama ketika membudidayakan mawar di rumah lindung. Gejalanya adalah terdapat lapisan yang seperti tepung di bagian tanaman yang diserang yang dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Selain penggunaan pestisida dapat menggunakan cairan yang terbuat dari 3 sdm larutan baking soda dengan segalon air. Hal yang harus diperhatikan sebelum penyemprotan adalah, gunakan pada skala yang lebih kecil terlebih dahulu. Gunakan sarung tangan ketika menyemprot dan hindari penyemprotan ketika angin kencang.

Jangan menyemprot ketika pembibitan dan menggunakan konsentrasi larutan pekat. Untuk hasil yang maksimal, dapat dilakukan secara teratur setiap minggunya. Penyimpanan sebaiknya dijauhkan dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Ancaman dan Pencegahan Hama dan Penyakit untuk Bunga Mawar

  1. Pingback: Mencegah Penuaan Dini dengan Air Mawar | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *