Anda Sering Berenang? Ini Manfaatnya

Anda Sering Berenang? Ini Manfaatnya – Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan serta menyehatkan, baik dilakukan orang dewasa maupun anak-anak, berenang dianggap olahraga yang paling ter favorit. Bahkan di sekolah-sekolah umum dari mulai TK pun sudah diperkenalkan olahraga yang satu ini. berenang merupakan salah satu dari banyak sekali jenis olahraga yang bisa lebih meningkatkan kesehatan tubuh.

1

Berenang juga dianggap olahraga yang minim sekali resiko untuk cedera, karena pada saat berenang seluruh badan kita akan mengapung. Tentu saja tidak akan ada bahayanya bukan?

Baca Juga :

Berenang juga sangat dianjurkan bagi mereka yang mempunyai berat badan berlebih, dan sedang menjalani diet sehat. Bahkan, berenang juga disarankan bagi ibu hamil dan untuk penderita arthritis atau yang biasa disebut gangguan persendian. Berenang mempunyai banyak manfaat, apabila kita rajin dan benar-benar teratur untuk mengikutinya.

Manfaat berenang adalah:

  1. Dapat membentuk otot. Bagi anda laki-laki yang ingin membesarkan otot anda, olahraga ini penting sekali untuk diikuti. Dikarenakan berenang dapat membentuk otot. Hal ini dapat terjadi karena disaat kita berenang kita akan menggerakkan keseluruhan otot tubuh kita, baik itu tangan, kaki. Pada waktu ini, tubuh memerlukan tenaga yang berlebih dikarenakan harus berjuang melawan arus air. Hal inilah yang dapat menguatkan dan membentuk otot.
  2. Dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung. Gerakan dorongan pada saat kita menendang air akan membantu sebagai pemicu semua aliran darah menuju ke jantung, begitu juga paru-paru. (Baca Juga :Apasih Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan ? )
  3. Berenang dapat membantu menambah tinggi badan pada fase pertumbuhan.
  4. Berenang dapat menghilangkan stress, ini disebabkan karena berenang dapat membuat fikiran kita menjadi lebih relax dan santai. Susana hati menjadi lebih tenang.

Bila anda akan berenang, jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini sangat sekali dianjurkan agar otot tubuh tidak menjadi kaget dan akhirnya menjadi kram. Lakukan pemanasan paling tidak 5 menit terlebih dahulu.

Anda bisa pelan-pelan berenang dengan mengitari kolam, senam kecil untuk peregangan sebelum badan masuk ke dalam air. Jangan hanya menggunakan 1 gaya renang saja, tetapi cobalah beberapa gaya renang, agar tidak terasa pegal nantinya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Anda Sering Berenang? Ini Manfaatnya

  1. Pingback: Cara Mencegah Terjadinya Kanker Payudara | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *