Aneka bisnis kreatif bermodal kecil

Aneka bisnis kreatif bermodal kecil – Aneka bisnis kreatif bermodal kecil memang sangat beragam. Dengan mudah, Anda bisa menjalankan bisnis tersebut di rumah sendiri. Ketahuilah, dengan menggeluti salah satu jenis bisnis kreatif yang dimulai dengan modal kecil, maka Anda dapat meminimalisasikan resiko kebangkrutan serta bisa menghasilkan uang yang cukup besar.

Untitled

Salah satu contoh bisnis kreatif bermodal kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan menjual kerajinan tangan yang dibuat sendiri. Anda bisa mulai membuat kerajinan tangan yang mudah dan sederhana. Setelah itu jual kepada konsumen yang suka dan siap membeli kerajinan yang Anda buat tersebut.

Ada banyak bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang bermanfaat. Seperti di antaranya bonggol jagung yang dapat dibuat menjadi lampu hias yang memiliki nilai jual tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kertas atau plastic pembungkus sabun cuci, shampoo, pewangi, dan lain sebagainya untuk dijadikan sebagai tas, boneka, gantungan kunci, dan lain sebagainya. Anda bisa mengambil kertas bekas yang ada di rumah. Akan tetapi, jika jumlahnya tidak mencukupi tentu saja anda dapat membelinya dari para pengepul.

Bisnis kreatif yang menggunakan bahan kertas ini memang hanya membutuhkan modal kecil saja berupa lem, cat air untuk memberi warna, serta tambahan aksesori lainnya yang dibutuhkan.

Untuk melakukan pemasarannya, Anda bisa mulai menawarkan dari para tetangga. Sebab, promosi dari mulut ke mulut dapat diandalkan. Jika tidak, Anda juga bisa mencoba membuat toko online untuk menjualnya.

Di samping membuat kerajinan tangan, bagi Anda para ibu rumah tangga yang pintar memasak, bisa menggunakan keterampilan Anda tersebut untuk membuat satu jenis makanan yang unik dan terasa lezat sehingga dapat menggugah selera setiap orang yang melihatnya.

Gunakan kemampuan memasak yang Anda miliki dengan mencari ide-ide yang kreatif dan berinovasi untuk menciptakan beberapa makanan yang enak, unik, dan dapat dikonsumsi semua kalangan sehingga menjadi masakan yang Anda juual tersebut berbeda dengan yang lainnya dan memiliki cirri khas tersendiri. Dengan demikian, maka para pencinta kuliner sudah pasti akan kembali membeli makanan yang Anda jual tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui :

1. Ide kreatif saja tak menjamin apapun

Jika Anda ingin membuka usaha aneka bisnis kreatif dengan modal kecil, tidak seharusnya Anda hanya terobsesi untuk sekedar berpikir untuk mengembangkan ide tersebut saja. Akan tetapi, Anda perlu mencari tahu secara pasti apakah ide tersebut benar-benar bisa Anda jalankan atau sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak.

Perlu diketahui jika jenis bisnis yang cocok untuk dijalankan tidak mudah ditemui. Berusahalah jangan sampai Anda hanya sekedar ingin melakukan usaha yang sesuai dengan ide cemerlang Anda saja. Untuk itu, Anda wajib berpikir masak-masak terlebih dulu untuk memulai suatu usaha.

2. Jangan terpaku pada satu ide

Apabila Anda takut gagal untuk memulai suatu usaha, tentu saja Anda tidak boleh hanya terpaku pada satu ide saja. Terkadang, seseorang baru bisa meraih kesuksesan setelah menjalani lebih dari satu usaha. Perlu diketahui, bahwa menciptakan satu bisnis yang baru memang termasuk hal yang sulit, membutuhkan banyak waktu dan kesabaran.

3. Konsumen adalah raja

Bagi setiap orang yang baru saja memulai usaha, tentu saja harus bersikap ramah dan santun ketika melayani calon pembelinya. Konsumen adalah raja, merupakan satu prinsip yang harus Anda pegang teguh supaya bisnis kreatif yang Anda jalankan bisa sukses.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *