Aneka Hama atau Penyakit pada Tanaman dan Cara Mengatasinya

Aneka Hama atau Penyakit pada Tanaman dan Cara MengatasinyaMemiliki tanaman buah ataupun sayuran di kebun kecil kita, tentu merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Namun bagaimana bila ternyata tanaman yang kita rawat dan pelihara tiap hari tersebut terkena hama ataupun penyakit yang mengganggu? Tentu kita akan merasa kecewa dan juga sedih.

a

Bukan hanya karena kita tidak bisa memetik hasilnya, tapi juga keindahan dari tanaman itupun akhirnya juga akan sirna. Pada artikel ini akan coba disampaikan beberapa jenis hama yang cukup mengganggu dan juga cara mengatasinya dengan mudah.

Serangga (semut, kutu atau wereng)

Biasanya hama ini menyerang pada bagian-bagian tanaman, baik itu akar, batang, daun ataupun buahnya. Penggunaan pestisida bisa saja berpengaruh buruk pada kualitas tanaman nantinya atau mungkin juga malah tanaman tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan anda karena telah terkontaminasi zat kimia.

Penggunaan kulit telur yang telah disangrai sampai kehitaman kemudian ditaburkan ke sekitar tanaman akan membuat semut menjauh dari akar tanaman. Untuk menghambat jalur semut pada batang tanaman, anda bisa mengoleskan balsam pada batang tanaman sehingga tidak akan ada semut yang menghinggapinya.

Belalang

Hewan ini sering kita dapati pada tanaman sayuran yang kita tanam, pada lahan yang cukup luas. Jumlahnya yang banyak juga sering membuat kita kerepotan. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun pepaya yang sudah tua 1-2 kg, kemudian tumbuk hingga halus. Larutkan tumbukan tersebut pada air 1-2 liter kemudian setelah tercampur biarkan selama 2 hari. Campuran ini akan sangat efektif dalam menghalangi binatang satu ini untuk menggerogoti tanaman anda secara alami.

Tikus

Tidak hanya sangat mengganggu di dalam rumah, tikus juga sering menjadi momok bagi para petani yang menanam berbagai tanaman pangan. Selain populasinya yang sangat cepat menjadi banyak, tikus juga mempunyai mobilitas yang cukup merepotkan. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi hama satu ini, antara lain:

  • Menggunakan predator alami tikus, yaitu ular sawah atau burung elang. Mungkin cara ii sedikit berbahaya, namun dengan penanganan yang tepat, hasilnya juga pasti sangat efektif,
  • Membongkar kemudian menangkap serta menutup kembali lubang-lubang persembunyian tikus ketika siang hari, sehingga mereka kehilangan kesempatan pada malam hari,
  • Menggunakan buah mengkudu atau buah bintaro. Aroma dari kedua buah tersebut pasti akan sangat mengganggu sistem saraf tikus sehingga membuat mereka menjauhi tanaman.

Mikroorganisme jahat

Salah satu penyebab umum terjadinya penyakit pada tanaman adalah mikroorganisme yang jahat, seperti jamur, alga, bakteri atau juga virus. Untuk pengendaliannya, saat ini memang yang bisa dibilang cukup efektif adalah dengan insektisida atau bahan kimia lain yang mungkin berefek kurang baik bagi kesehatan. Namun pada dasarnya, dengan menjaga tanaman tersebut agar tetap prima dan tidak terserang hama yang merugikan, tentu kita akan menikmati hasil bercocok tanam tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Aneka Hama atau Penyakit pada Tanaman dan Cara Mengatasinya

  1. Pingback: Kenali Penyakit Tanaman Hias dan Tips Mencegahnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *