Aneka Perbedaan Proses Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Aneka Perbedaan Proses Pembelahan Mitosis dan Meiosis – Proses pembelahan pada sel terdapat dua cara yaitu mitosis dan juga meiosis. Keduanya proses tersebut memang memiliki kemiripan yaitu sama-sama memproduksi sel baru sebagai hasil pembelahan.

1

Keduanya juga selalu diawali dengan sebuah fase persiapan yang disebut dengan interfase, dimana didalamnya juga terjadi peningkatan aktivitas metabolisme seperti replikasi DNA, sintesis protein serta penggandaan organel. Ketergantungan terhadap gelondong mitosis untuk dapat memisahkan kromosom jadi dua kutub sel yang akan menjadi sel turunan juga dialami oleh keduanya.

Baca Juga : Fase Persiapan Interfase

Akan tetapi diantara persamaan-persamaan tersebut juga terdapat perbedaan dari kedua proses pembelahan tersebut. Berikut ini akan dijelaskan tentang perbedaan dari kedua proses pembelahan tersebut yaitu antara mitosis dan juga meiosis.

Tempat berlangsungnya proses pembelahan

Pada umumnya proses mitosis terjadi pada sel badan atau sering juga disebut sebagai kromosom autosum, dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan dari sel-sel tersebut, memperbanyak jumlah sel, penggantian terhadap sel rusak serta pembiakan atas organisme yang bersel tunggal.

Sedangkan untuk meiosis terjadi pada sel seks yaitu pada proses pembentukan sebuah gamet, dimana tujuan dari pembelahan jenis ini adalah untuk dapat mempertahankan diploid, dengan cara mengurangi jumlah kromosom.

Proses pembelahan

Pada proses mitosis dikenal ada 4 fase perubahan, yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Profase, merupakan tahap awal begitu fase G2 berakhir. Nukleus dan sitoplasma membentuk sebuah dinding kromosom yang menebal, dimana tiap lengannya berduplikasi membentuk kromatid kembar. Pada akhirnya fase ini terbentuk spindel dan kromosom mulai menempatkan diri pada ekuator sel,
  • Metafase, merupakan fase yang paling mudah diamati. Kromosom yang memiliki sepasang kromatida menuju tengah sel (bidang pembelahan) dan menggantung pada serat gelendong,
  • Anafase, merupakan terjadinya proses pembelahan. Kromosom yang tadinya terikat mulai terpecah, kemudian berpindah ke sisi berlawanan sel.
  • Telofase, pada fase ini sel telah terbelah jadi dua, dimana setiap sel memiliki jumlah kromosom yang sama. Setelah itu terjadilah sitokenesis.

Adapun untuk meiosis juga hampir sama nama fasenya, akan tetapi ada perbedaan pada prosesnya, yaitu:

  • Pada dasarnya, fase-fase awal hampir sama dengan mitosis yaitu profase, metafase, anafase dan juga telofase. Hanya saja ketika sel anakan telah ada, maka sel tersebut akan dibagi lagi sehingga muncul fase berikutnya,
  • Profase II, terjadinya serabut pada gelendong yang mulai terbentuk lagi sebagai proses awa pembelahan,
  • Metafase II, sentrometer yang digantungi serat gelendong mulai mendekati ekuator sel atau tempat pembelahan,
  • Anafase II, mulai terjadi pembelahan kromosom serta perpisahan kromatid menuju kutub yang berlawanan,
  • Telofase II, kembali terjadi sitokenesis kembali, yang kemudian diteruskan dengan terjadinya pembentukan dinding inti.

Sel yang dihasilkan dari pembelahan

Ketika proses pembelahan ini berakhir, maka akan muncullah sel-sel yang baru dimana untuk proses mitosis yang dihasilkan hanya berjumlah dua sel anakan. Adapun proses meiosis mampu menghasilkan 4 sel anakan, mengingat proses pembelahannya lebih panjang (dua kali pembelahan).

Sifat dari sel anakan

Dari sisi sel yang dihasilkan oleh pembelahan ini juga berbeda. Untuk mitosis sifat dari sel anakan yang dihasilkan pada umumnya bersifat diploid, dimana setiap sel anakan selalu memiliki jumlah kromosom yang sama persis dengan indukannya.

Sedangkan sel anakan hasil proses meiosis, bersifat haploid dimana biasanya setiap sel anakan hanya memiliki setengah jumlah kromosom induknya. Hal ini harus dilakukan pada proses meiosis karena biasanya sel-sel akan bergabung dengan sel haploid yang lain pada saat reproduksi berlangsung, guna mendapatkan organisme baru memakai sel diploid.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Aneka Perbedaan Proses Pembelahan Mitosis dan Meiosis

  1. Pingback: Pengertian Otot Dan Bagian – Bagiannya | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *