Angkringan : Menekuni Usaha Tongseng Daging Bebek

Siapa yang tidak tahu tentang Pulau Bali ?

Pulau ini terkenal memiliki pantai – pantai yang eksotik dan indah. Pantai Sanur Bali sejak dulu terkenal akan Sunrise Beach, dimana anda sebagai turis bisa bersantai untuk menunggu matahari terbit di pagi hari dan tenggelam pada malam hari.

m 84

Momen menarik ini harus anda abadikan dengan kamera tercanggih untuk kenang – kenangan akan pemandangan indah di Pulau Bali.

Selain terkenal akan pesona alam yang begitu mempesona, pantai Sanur juga banyak menyimpan ragam wisata kuliner Nusantara, mancanegara hingga warung – warung tenda yang menyediakan masakan China.

Salah satu yang cukup terkenal adalah warung makan China di jalan pantai Sanur yang menyajikan menu spesial berupa Tongseng Daging Bebek yang berasa segar di mulut si penikmat.

Hampir setiap hari warung tersebut dipenuhi oleh orang – orang yang berniat menikmati semangkok Tongseng Daging Bebek yang berasa gurih dan pedas sehingga bisa ditebak, bisnis UKM warung makan China tersebut mampu meraup keuntungan dalam jumlah layak hanya dengan mengandalkan menu utama berupa sajian Tongseng yang aslinya berasal dari China.

Tongseng Daging Bebek mudah dalam pengolahan, kami dapat membantu anda memberikan resep praktis cara memasak Tongseng ala warung makan China di Sanur, simak caranya :

Bahan – bahan yang dibutuhkan adalah :

500 g bebek muda, bersihkan dan potong kecil – kecil/sesuai selera, 100 ml santan, 200 gram kol, iris tipis, 10 buah cabe rawit merah, 1 buah tomat, potong menjadi 8 bagian, 1 ruas lengkuas, 2 lembar daun salam, 1 batang serai, memarkan, 1 sdm kecap manis, gula pasir, garam, dan penyedap rasa secukupnya, 1 sdm air asam dan 2 sdm minyak untuk menumis.

Bumbu halus : 2 sdm bawang merah, 1 sdm bawang putih, 2 sdm irisan cabe merah, 10 butir kemiri, sangrai, ½  sdt merica, ½  sdt ketumbar, 1 cm kunyit, garam dan penyedap rasa secukupnya, dan 1 cm jahe.

Cara memasak adalah :

  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam dan serai hingga harum dan matang.
  • Masukan daging bebek, kecap manis dan santan.
  • Masak hingga daging lunak dan bumbu meresap.
  • Masukkan cabe rawit, kol, garam, penyedap rasa, air asam dan tomat lalu diaduk rata.
  • Masak sebentar dan angkat.
  • Nikmat dikonsumsi dalam keadaan panas dengan sepiring nasi putih.
  • Jika ingin pedas, tambahkan sambal.

Agar mendapatkan cita rasa Tongseng yang lezat, perhatikan tips berikut ini : untuk mencegah tumisan bumbu hangus sementara  bumbu belum matang sempurna maka tambahkan porsi minyak secukupnya untuk menumis atau jika anda menghindari penggunaan minyak secara berlebihan maka gunakan wajan anti lengket agar  bumbu matang dengan baik tapi tidak membuat masakan cepat gosong.

Masukkan potongan – potongan daging bebek, aduk dan masak sampai daging berubah warna menjadi tidak pucat dan kuah dari daging mulai menyusut. Tambahkan 1/2 porsi air dari takaran resep dan masak lagi hingga daging dirasa empuk.

Jika air habis tetapi daging belum empuk dengan sempurna maka masukkan setengah porsi sisa air. Masak hingga daging benar – benar empuk. Hindari memasukkan air sekaligus karena akan menyebabkan daging susah empuk, jadi tambahkan air sedikit demi sedikit secara bertahap lalu rebus dengan api kecil agar daging tetap berasa gurih.

Jika daging sudah empuk, masukkan gula pasir, garam, penyedap rasa, dan tambahkan sisa air hingga kira – kira kuah Tongseng menjadi sebanyak 2 liter. Masak sampai kuah mendidih dan berasa tepat di lidah.

Anda bisa menambahkan irisan daun bawang prey dan santan, kemudian masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar kuah tetap mendidih dan santan matang sempurna serta tidak pecah, jika wangi santan mulai tercium dan warna masakan tidak pucat, masukkan sisa kecap manis, aduk rata sekali lagi.

Masukkan potongan tomat dan masak selama beberapa detik hingga tomat menjadi sedikit layu. Matikan api dan Tongseng pun siap disantap.

Baca Artikel Lainnya :

Tips kedua adalah agar sayuran Tongseng tidak hancur dan layu  jika dipanaskan berulangkali terutama apabila anda membuatnya dalam porsi besar, maka ambil secukupnya Tongseng untuk sekali santap lalu campurkan dengan sayuran segar.

Sisa Tongseng tanpa sayuran bisa anda simpan untuk kesempatan lainnya. Untuk memasak dalam porsi besar, gunakanlah panci.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *