Anjuran Yang Diberikan Rasul Dalam Menjaga Kesehatan

Baginda Rasullulloh SAW adalah sosok manusia yang mengajarkan manusia untuk dapat hidup setimbang sesuai dengan ajaran dari Allah SWT. Termasuk juga didalamnya tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang juga merupakan pola hidup yang serba seimbang.

Itulah kenapa baginda Rasullulloh SAW melarang umat-Nya untuk melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Hal tersebut terjadi karena jika sesuatu dilakukan secara berlebihan, keseimbangan tersebut tidak akan lagi bekerja sebagaimana mestinya.

s 158

Dan apa saja contoh yang diberikan Rasullulloh SAW untuk hidup sehat? Berikut ulasannya.

  1. Berpuasa

Berpuasa ternyata lebih dari sekedar ritual keagamaan. Karena selain menjadikan nilai spiritual seseorang menjadi bertambah, ternyata berpuasa juga memiliki pengaruh positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal ini terjadi karena ketika seseorang berpuasa, ketika ia tidak memasukan makanan kedalam perutnya, lemak yang banyak tertimbun didalam tubuh akan mengalami pembakaran menjadi energi oleh tubuh itu sendiri. Inilah kenapa ketika berpuasa kita masih bisa beraktifitas seperti biasanya.

Semakin sering berpuasa maka akan semakin sering pula lemak diubah menjadi energi oleh tubuh. Pembakaran lemak ini sangat penting dilakukan karena dinilai mampu mengendalikan lemak didalam tubuh serta menjaga index tubuh tetap ideal.

  1. Shalat Malam

Cara Rasullulloh SAW untuk tetap sehat selanjutnya adalah seringnya Beliau melaksanakan shalat malam atau shalat tahajud yang pelaksanaannya pada sepertiga malam, setengah malam, atau kurang dari itu.

Shalat malam pada dasarnya sama dengan shalat- shalat lainnya dalam segi gerakan. Namun ternyata dalam segi psikologis, shalat malam mampu memberikan dampak psikologis yang lebih besar dibandingkan shalat- shalat lainnya.

Itu terbukti karena ketika kita melaksanakan shalat malam, keadaan psikologis kita menjadi tenang dan jauh dari stress. Dan ternyata stress inilah sumber dari berbagai macam penyakit.  Jadi semakin sering kita melaksanakan shalat malam, akan semakin tenang pula psikologis kita dalam menghadapi berbagai macam permasalahan.

  1. Tidur Secukupnya

Cara Rasullulloh SAW untuk tetap sehat lainnya adalah dengan menjaga pola istirahat atau tidur terutama tidur malam. Rasullulloh SAW tidak pernah tidur secara berlebihan karena Rasullulloh SAW selalu menghabiskan waktu untuk bekerja sebagai pengabdi Allah SWT.

Biasanya Rasullulloh SAW tidur pada saat malam belum larut dan kemudian terbangun lagi pada malam hari untuk melaksanakan shalat malam atau tahajud.

Agen Poker

Sedikitnya waktu tidur Rasullulloh SAW pada malam hari ternyata juga sudah diteliti oleh para ilmuan yang menyangkut pautkannya dengan kadar oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Semakin lama tubuh tidur pada malam hari, semakin banyak pula oksigen yang diperlukan tubuh untuk tetap beristirahat. Hal ini karena pada malam hari kadar oksigen tidak sebanyak pada siang hari termasuk tumbuhan yang juga menghirup oksigen pada malam hari.

Kurangnya oksigen yang diserap oleh tubuh kita pada saat malam hari menjadikan tubuh mengeluakan asam Laktat dimana akibat dari keluarnya asam Laktat ini adalah tubuh menjadi lemas dan seakan bertambah lelah pada saat bangun tidur.

  1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan termasuk cara yang dilakukan oleh baginda Rasullulloh SAW untuk tetap sehat. Seperti misalnya perkataan baginda Rasullulloh SAW yang sangat sering kita dengar, yang berbunyi “mulai makan sebelum lapar, berhenti makan sebelum kenyang”.

Maksud dari pernyataan tersebut tentu saja adalah cara menjaga pola makan agar tubuh tetap memiliki performa yang baik untuk beraktifitas. Jika tubuh dalam keadaan lapar, tentu tubuh akan melemas dan tidak dapat mengeluarkan performa terbaiknya dalam beraktifitas, dan ketika terlalu kenyang pun tubuh juga tidak dapat bergerak dengan maksimal dan malah akan mengundang penyakit datang.

Dalam segi makanan, baginda Rasullulloh SAW mengkonsumsi apapun yang diperbolehkan oleh Allah SWT yang tertulis didalam kitab- kitab-Nya.

Dan jika diperhatikan, apa yang dikonsumsi oleh baginda Rasullulloh SAW adalah sesuatu yang berasal dari alam dan diolah secara baik, benar, dan tentu saja tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Mempelajari Kitab Suci

Kitab suci adalah sesuatu yang sangat penting untuk dipelajari. Karena hanya melalui kitab suci saja baginda Rasullulloh SAW dapat mempelajari apa yang Rasul dan nabi terdahulu lakukan untuk Allah SWT.

Selain menambah keimanan, mempelajari kitab suci juga menjadikan kita bisa mengetahui apa- apa saja yang dilarang Allah SWT untuk dikerjakan manusia. Seperti contohnya dilarang menzalimi diri sendiri yang bermakna dilarang menyakiti diri sendiri apapun bentuknya.

Baca Artikel Lainnya :

Karena jika kita menyakiti diri sendiri, itu sama saja kita telah merusak keseimbangan atau kesempurnaan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Itulah hal- hal yang biasa dilakukan baginda Rasullulloh SAW dalam menjaga kesehatan dan kebugaran jasmaninya yang bisa kita contoh untuk di lakukan sehari- hari.  Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *