Apa Akibatnya Bila Terlalu Lama Di Depan Komputer

Komputer ialah sebuah alat yang sudah kita kenal yang fungsinya beragam, namun dari fungsinya yang beragam tersebut ternyata mempunyai dampak yang positif dan dampak negatifnya.

e 11

Pada prinsipnya teknologi ini dikembangkan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupan sehari-harinya bisa lebih mudah berkomunikasi ataupun untuk melakukan sesuatu. Namun dari semua efek positif yang diperoleh terdapat pula berbagai efek negatifnya.

Lalu apa pengaruh negatifnya?

  • Sakit di Leher

Posisi duduk yang tidak benar akan mempengaruhi posisi leher. Terkadang, waktu di depan pc komputer atau laptop, leher kita cenderung untuk menekuk. Posisi leher seperti inilah yang dapat menyebabkan leher kita menjadi kaku.

Tetapi, kamu tidak boleh menganggap remeh sebab jika dibiarkan terus menerus, dapat mengakibatkan sakit leher yang kronis.

  • Sakit di Kepala

Kalau sering mengalami sakit kepala atau pusing saat terlalu lama di depan komputer, hal itu dapat saja disebabkan oleh cahaya fluorescent yang tak mampu dilihat dengan mata telanjang. Nah, pancaran cahaya dari layar monitor komputer ini lah yang menyebabkan rasa sakit pada kepalamu.

  • Sakit pada Punggung

Masalah kesehatan yang mengganggu selanjutnya ialah rasa sakit pada punggung yang sering diderita oleh pengguna komputer. Hal ini disebabkan karena kita terlalu lama duduk diam di posisi yang sama atau sampai menunduk ke arah layar komputer.

Posisi duduk yang buruk tersebut mempengaruhi kesehatan punggung, bahkan yang lebih parah lagi jika terbiasa duduk dengan posisi seperti itu, dapat membuat tubuh kita bungkuk.

Untuk mengurangi rasa sakit di punggung akibat terlalu lama duduk di depan komputer, kamu dapat menyelinginya dengan mencoba melakukan yoga, sit up atau pilates yang bisa mencegah sakit pada punggung.

  • Sakit pada Mata

Ketika menatap layar, kita cenderung untuk berkedip lebih sedikit dari waktu yang normal atau dari yang seharusnya. Jika mata kita kering dan kita secara tidak sadar sering kali menggosoknya, hal ini dapat menyebabkan masalah mata serius di kemudian hari.

Masalah gangguan pada mata memang menjadi salah satu masalah umum yang menimpa para pengguna komputer. Pada waktu di depan komputer, kita jarang untuk mengedipkan mata, sehingga membuat mata kita menjadi cepat kering.

Mata kering ini lah yang bisa mengganggu kesehatan mata kita serta menurunkan tingkat penglihatan mata kita. Selain itu, saraf mata kita menjadi lebih tegang, sehingga mata menjadi cepat lelah. Radiasi yang dipancarkan dari layar monitor komputer juga tidak baik untuk kesehatan mata kita.

Sebaiknya, waktu bekerja di depan komputer usahakan agar kita menyesuaikan terlebih dahulu tingkat kecerahan layar monitor komputer agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap sebaiknya istirahatkan mata kamu sejenak dengan sering berkedip atau mengalihkan pandangan kita sejenak pada objek lain.

Tampilan layar monitor komputer yang terlalu terang (bright) dengan warna yang panas seperti warna kuning, oranye, ungu, merah akan mempercepat kelelahan pada mata anda. Selain itu, pantulan cahaya pada layar monitor komputer yang berasal dari sumber cahaya lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, dapat menambah beban pada mata anda.

Pencahayaan ruangan kerja dapat berpengaruh pada beban mata anda. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, sebanyak 77% para pemakai komputer akan mengalami keluhan pada mata mereka, mulai dari rasa pegal, mata merah, nyeri pada mata, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan katarak.

Ruang berpendingin akan lebih memperburuk pergesekan tersebut, karena udara ruangan yang berpendingan akan kering sehingga air mata akan ikut menguap. Kaca filter layar komputer yang dijual di pasaran berfungsi sebagai filter kesilauan (glare) dari intensitas cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi layar komputer.

  • Gangguan saraf pada jari

Ada kecenderungan bahwa jari-jari Anda merasa seperti terkunci dan terbuka kembali dengan bunyi setelah mengetik lama dengan komputer. Buat yang merasa jari kamu merasa kaku atau mati rasa, hal ini merupakan salah satu dampak negatif penggunaan komputer.

Baca Artikel Lainnya :

Meski dampaknya tidak terlalu buruk tetapi, jika dibiarkan terus-menerus bukan tidak mungkin bisa menyebabkan munculnya penyakit baru yang lebih buruk lagi.

  • Postur tubuh membungkuk

Kecenderungan tubuh untuk membungkuk atau menetapkan ke posisi yang lebih dekat ke arah layar monitor komputer agar terasa nyaman. Hasilnya ialah gangguan pada postur tubuh yang memburuk.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *