Apa Benar Ada Pasar Setan?

Pasar setan mungkin sudah menjadi hal yang familiar didengar oleh para pendaki gunung. Namun tak sedikit pula yang menganggap bahwa pasar setan merupakan sebuah mitos belaka. Pasar setan hanya sebuah omong kosong yang tak memiliki bukti nyata.

f 5

Ketika mendaki sebuah gunung, pastilah seorang pendaki memilih jalur pendakian yang yang mudah untuk dilewati. Medannya tidak terlalu curam dan aman untuk dilewati. Dalam pendakian terkadang melewati punggung yang kondisinya amatlah lapang.

Biasanya tempat tersebut digunakan sebagai tempat perostirahatan sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak gunung. Terkadang pula pendaki memanfaatkan tempat tersebut untuk berkemah di malam hari sebelum melanjutkan perjalanan dini hari menuju puncak untuk menyaksikan keindahan matahari terbit.

Terlepas dari hal itu para pendaki gunung meyakini bahwa setiap gunung memiliki pasar petan. Umumnya pasar adalah tempat yang lapang. Tempat dimana terjadi transaksi jual dan beli. Begitu pula dengan pasar setan.

Diyakini bahwa pasar setan berada di bagian dari gunung yang lapang, tidak ditumbuhi pepohonan besarnamun hanya semak-semak dan biasanya berdekatan dengan puncak gunung. Tempat dimana biasanya digunakan pendaki sebagai tempat peristirahatan, itulah letak keberadaan pasar setan.

Di lokasi lapang tersebut hampir selalu dipastikan pada waktu malam angin akan bertiup amat kencang. Angin akan bertiup dari bawah dan melewati lereng dengan cepat. Pada saat bertiup seperti ini akan menimbulkan fenomena suara yang berisik.

Fenomena tersebut menjadikan sensasi keriuhan seperti pasar. Keriuhan yang menyerupai pasar namun tidak terlihat siapa penyebab keriuhan tersebut, hal ini yang menjadikan tempat tersebut dinamakan sebagai pasar setan.

Baca Artikel Lainnya :

Keangkeran pasar setan pun dirasakan para pendaki di beberapa gunung yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah pendaki gunung Sumbing. Lokasi yang digunakan para pendaki untuk beristirahat dirasa merupakan lokasi pasar setan.

Para pendaki pernah menjumpai jasad yang sudah membeku telah malakukan semedi. Mereka juga melihat beberapa sosok wanita yang sedang menempel pada perbukitan. Namun ketika diabadikan menggunakan kamera, sosok-sosok tersebut luput dari jepretan kamera.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *