Apa Benar Haid Tidak Lancar Menyebabkan Kemandulan?

Para wanita sering kali khawatir terkait tubuhnya, salah satunya siklus haid. Siklus haid normalnya dalam rentang periode 24 – 35 hari. Namun, pada beberapa wanita, siklus ini bisa lebih panjang atau lebih pendek dari siklus normal tersebut.

Beberapa wanita menganggap ini hanya masalah sepele. Namun, ada juga yang langsung memeriksakan diri untuk mengetahui apa penyebabnya.

k 131

Terlalu menyepelekan tentu saja tidak baik, sebab tubuh sudah memberi sinyal, tinggal bagaimana kita menanggapi sinyal tersebut. Tapi, khawatir terlalu berlebihan juga tidak baik.

Hal ini akan memicu stres, masalah pun bukannya tambah beres, tapi tambah ruwet. Jadi, atasi masalah dengan sigap namun tetap santai.

Benar bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi sinyal dari berkembangnya suatu penyakit. Namun, bisa juga karena faktor kelelahan, konsumsi makanan tertentu, stress, dan lain sebagainya.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika siklus yang tidak teratur ini selalu berulang. Maksudnya, setiap bulannya tetap tidak teratur seperti ini padahal tidak sedang kelelahan, makanan yang dikonsumsi pun merupakan makanan sehat nan bergizi. Ketika ini terjadi, kita harus mulai aware.

Rata-rata, seorang wanita menstruasi dalam jangka waktu 2 – 8 hari dengan mengeluarkan darah hair antara 30 – 80 cc.

Dengan ukuran ini, bagaimana siklus haid kamu? Kalau masih dalam batas seperti itu, bisa dianggap wajar. Tapi jika kamu merasa ada yang salah dengan siklus haid kamu, sebaiknya kamu mulai berkonsultasi dengan dokter.

Apakah menstruasi yang tidak lancar menimbulkan kemandulan?

Gangguan siklus menstruasi—seperti yang telah dijelaskan di atas—bisa disebabkan oleh faktor hormonal, stress, dan lain sebagainya.

Dengan adanya gangguan pada siklus menstruasi ini, secara otomatis memengaruhi tingkat kesuburan pada seorang wanita. Selain itu, dengan terganggunya siklus menstruasi, periode masa subur seorang wanita pasti akan sulit untuk dikenali.

Baca Artikel Lainnya :

Tingkat kesuburan identik dengan proses yang disebut ovulasi, yaitu ketika sel telur telah matang dan siap untuk dibuahi. Dan ketika siklus haid tidak lancar, proses ovulasi ini juga menjadi tidak lancar.

Singkatnya, memang benar ketidak-lancaran siklus haid berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang wanita. Namun, belum tentu hal ini menyebabkan seorang wanita 100% tidak fertil atau mandul.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *