Apa Benar Lensa Kontak Picu Infeksi?

Apa Benar Lensa Kontak Picu Infeksi? – Lebih dari 1 pengguna softlens atau lensa kontak Singapura setiap harinya menderita infeksi kornea.

Untitled

Sebagian besar kasus terbilang ringan, sejumlah kasus justru terlalu parah hingga membutuhkan adanya transplantasi. Lensa kontak yang berwarna menjadi perhatian utama di dalam hal ini.

Mengingat untuk lensa berwarna memang lebih berfungsi sebagai salah satu produk kecantikan dibanding dengan medis, kontrol maupun pertimbangan pada kualitas yang masih sangat rendah.

Ditambah lagi, saat ini terdapat banyak anak muda yang justru senang bergonta-ganti lensa kontak.

Pewarna lensa sering bocor ke mata

Dalam kasus ini, dokter mata dari Singapore National Eye Centre (SNEC), Prof Tan mengatakan bahwa ia seringkali mendengar hal mengerikan.

Beberapa diantaranya seperti pewarna yang seringkali bocor ke mata. Hal semacam ini didapatkan dari lensa dengan kualitas rendah yang terlalu mudah bisa dibeli oleh masyarakat di internet.

Tercatat terdapat 92 kasus infeksi yang disebabkan oleh lensa berwarna tahun 2013 seperti yang telah dilansir dari Asiaone pada hari Selama 6 Januari 2015.

Sementara dari sejumlah 362 kasus berhubungan dengan penggunaan lensa kontak. Banyaknya jumlah kasus ini sendiri berkisar pada 68% dari total 531 kasus seputar infeksi kornea.

Penanganan dan perawatan lensa patut diperhatikan

Bukan hanya penggunaan lensa kontak yang murah, penanganan dan perawatan lensa kontak yang saat tidak digunakan begitu buruk turut memicu banyaknya kasus infeksi yang terjadi di Singapura.

Salah satu hal yang paling sering dijumpai adalah seringnya penggunaan lensa di luar batasan waktu. Kejadian yang semacam ini bisa mengakibatkan mata kekurangan mendapat pasokan oksigen.

Baca Artikel Lainnya :

Kondisi tersebut tidak akan membantu penglihatan mereka, tetapi justru semakin memperburuk kondisi gangguan refraksi mata hingga 40%.

Sejumlah kasus yang lainnya adalah pemakaian yang tidak benar juga seringkali mengakibatkan mata terluka secara permanen. Padahal ini hanya bisa dikoreksi dengan tindakan transplantasi.

Oleh karenanya jika memang Anda terbiasa menggunakan softlens dalam setiap kesempatan. Lebih baik perhatikan hal-hal apa saja yang sekiranya harus Anda lakukan dan hindari untuk mencegah terjadinya infeksi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *