Apa Benar Naga Itu Nyata? Atau Hanya Legenda?

Naga ialah sebutan untuk mahluk mitologi berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai macam kebudayaan.

g 71

Pada umumnya berbentuk seperti ular besar, namun ada juga yang enggambarkan sebgai kadal yang memiliki sayap dan kepala banyak dan juga dapat menyemburkan api.

Ada beberapa pandangan  atau pendapat orang mengenai naga. Naga dalam berbagai peradaban dikenal dengan nama “Dragon” (Inggris), “Draken” (Skandinavia) dan “Liong” (Tiongkok).

Naga dikenal sebagai hewan yang berukuran besar yang dapat hidup disegala ruang, yakni air, pi dn udara. Walaupun banyak penggambaran akan naga yang berbed-beda, namun yang pasti hewan ini dikenal sebagai hewan yang amat sakti.

Namun di negara barat, naga di gambarkan sebagai tokoh yang antagonis. Ia cenderung berprilaku negatif dan merusak . Naga diciptakan seolah-olah untuk dimusnahkan dari peradaban.

Naga di gambarkan sebagai raksasa yang memiliki dua tangan dan kaki serta memiliki sayap pula. Ia juga mampu menyemburkan api dan tinggal di goa. Seseorang akan mendapatkan gelar pahlawan jika ia mampu membunuh naga dengantangannya sendiri.

Berbeda cerita dengan peradaban naga di negeri Timur. Di Tiongkok naga dianggap sebagai sosok yang bijaksana dan agung layaknya seorang dewa. Hewan ini digambarkan sebagai ular yang berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut dan cakar.

Naga dianggap sebagai simbol kekuatan alam, khususnya angin topan.Bagi warga Tiongkok, hanya naga satu-satunya hewan mitologi yang digunakan sebagai lambang shio.

Di Indonesia pun juga menganggap naga sebagai hewan mitologi yang diagungkan. Misalnya saja di Minangkabau, di kota ini mengenal dongeng “Ngarai Sianok” yang diciptakan oleh sang naga.

Baca Artikel Lainnya :

Begitu pula dengan di daerah-daerah di pulau jawa yang menggunakan naga sebgai hiasan gamelan, pintu candi dan gapura. Orang jawa menganggap bahwa naga merupakan simbol hewan penjaga.

Di negara Timur, Naga mendapat tempat yang terhormat. Walupun ia mempunyai kekuatan yang amat dahsyat, ia tidak semena-mena dan bahkan lebih bisa mengayomi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *