Apa Benar Posisi Tidur Ibu Hamil akan Mempengaruhi Proses Persalinan?

Apa Benar Posisi Tidur Ibu Hamil akan Mempengaruhi Proses Persalinan? – Menjelang persalinan ada banyak faktor-faktor yang sekiranya berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janin.

Ternyata posisi tidur mempunyai dampak terhadap kesehatan ibu hamil maupun janin. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, 50% wanita merasa tidak bugar saat bangun di pagi hari.

janin

Hal ini dapat berakibat pada tubuh yang kuranag fit, serta menimbulkan resiko terkena depresi.

Jika anda salah menempatkan posisi tidur anda, komplikasi penyakit bisa timbul karena hal tersebut.

Anda perlu mengetahui posisi tidur yang tepat supaya terhindar dari masalah – masalah tersebut.

Posisi salah tidur juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti kram dan terhambatnya sirkulasi aliran darah.

Penelitian yang dilakukan di Selandia Baru menyarankan anda untuk tidur mirip menghadap kiri untuk mengurangi resiko bayi meninggal saat melahirkan.

Namun, resiko yang berkurang tidak begitu signifikan jadi anda tidak perlu terlalu khawatir. Kemungkinan bayi meninggal untuk ibu yang tidur tidak dengan posisi menghadap kiri adalah 3, 93/1000. Untuk ibu yang tidur menghadap posisi kiri yaitu 1, 96/1000.

Perbedaan tersebut memang tidak terlalu signifikan, akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba agar kesehatan janin bisa dapat terjaga.

Peneliti juga mewawancarai 155 wanita yang pernah melahirkan bayi meninggal. Wawancara dilakukan dengan pertanyaan seputar posisi ketika tertidur, lebih tepatnya ketika bangun tidur di trimester akhir kehamilan dan saat bangun pada kelahiran bayi.

Peneliti menemukan adanya peningkatan resiko bayi meninggal setelah lahir pada ibu mengandung yang mengalami gangguan tidur seperti mendengkur atau kesulitan bernafas.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya asupan oksigen yang dihirup oleh bayi. Selain itu hal tersebut juga berdampak pada aliran darah dari ibu ke janin. Walau begitu, hasil tes akan terus diuji untuk menajamkan hipotesa.

Ibu yang sedang mengandung lebih dianjurkan untuk tidur menghadap ke kiri. Hal ini dikarenakan janin akan menekan inferior vena cava. Ini berarti aliran darah akan kembali ke jantung dan pasokan oksigen bayi tidak akan terpenuhi.

Baca Artikel Lainnya :

Kesehatan ibu juga akan berpengaruh besar pada kesehatan janin. Coba untuk mengatur jadwal ke dokter supaya kesehatan janin dapat terjaga.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *