Apa Dampaknya Bila Permen Karet Ditelan

Apa Dampaknya Bila Permen Karet Ditelan – Pernahkah anda makan permen karet lalu tiba-tiba tidak sengaja tertelan? Pasti banyak orang akan langsung panik bila tahu permen karetnya tertelan. Apakah hal itu membahayakan bagi tubuh kita?

Untitled

Permen karet sebetulnya sama dengan permen-permen yang lain. Tapi yang membuat berbeda adalah bahan pembuatan permen karet itu sendiri. Permen karet terbuat dari campuran elastomer,resin,lemak,emulsifier,dan wax.

Lalu apabila permen karet tertelan apa bisa dicerna oleh usus? Usus mempunyai kemampuan mendorong yang kuat. Apabila didalam usus itu terdapat benda asing,usus akan melakukan dorongan supaya benda asing tersebut bisa lepas dari usus itu.

Karena bahan dasarnya sama seperti permen lainnya,jawabanya adalah bisa. Hanya saja membutuhkan waktu lama untuk usus mencerna permen karet itu. Waktu yang diperlukan bisa 2-3 hari. Namun bukanya tidak ada bahayanya.

Menelan permen karet juga punya dampak negatifnya yaitu bisa terjadi penyumbatan pada organ pencernaan. Tapi hal itu lebih sering terjadi pada anak-anak ketimbang orang dewasa karena diameter pencernaan anak kecil lebih kecil disbanding diameter organ pencernaan orang dewasa.

Jika anda tak sengaja tertelan namun dalam waktu 2-3 hari atau lebih permen karet belum juga keluar,anda bisa periksakan diri ke rumah sakit untuk memastikan apa yang terjadi.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *