Apa Hukum Memakai Kawat Gigi Dan Mengenakan Dasi Menurut pandangan Islam?

Saat ini saat zaman semakin berubah menuju arah yang lebih modern, dalam adat berpakaian dan berpenampilan semakin berubah. Saat ini banyak pria yang mengenakan dasi dalam berpakaiannya.

selain itu banyak juga wanita maupun pria yang mengenakan kawat gigi dengan berbagai alasan untukmerapikan gigi atau hanya sekedar gaya saja. Namun apakah memakai dasi hukumnya dibolehkan dala Islam atau bahkan haram? lalu bagaimana dengan penggunaan kawat gigi?

r 145

Hukum memakai dasi dan kawat gigi dalam Islam

Dalam Islam, hukum dalam menggunakan sesuatu tidak serta merta ditetapkan tanpa sebuah alasan. Jika Islam mengharamkan atau tidak memperbolehkan sesuatu, pasti ada alasan kuat dibalik semuanya itu apakah berhubungan dengan kesehatan atau lainnya. Termasuk juga dalam penentuan hukum mengenakan dasi.

Para ulama dalam menentukan hukum menggunakan dasi ini masih menjadi perselisihan berdasarkan pada situs muslim.or.id, apakah orang yang mengenakan dasi menyerupai kafir atau tidak ?

ataukah mengenakan dasi memiliki latar belakang keagamaan tertentu atau tidak? akhirnya ada 2 pendapat mengenai pemakaian dasi ini, yakni hukumnya haram dan ada juga yang mengatakan boleh.

Para ulama yang mengharamkan mengunakan dasi tentunya memiliki dalil yang kuat terkait hal ini, alasan tersebut karena dasi merupakan pakaian adat yang menyebar di kalangan kafir, dasi merupakan kalung salib yang dibentuk menyerupai kain, selain itu tidak ada manfaat menggunakan dasi selain dari hanya sekedar perhiasan saja.

Sedangkan para ulama yang membolehkan penggunaan dasi ini memiliki dalil yang kuat juga, yakni karena hukum awal berpakian adalah dibolehkan pada dasarnya, dasi bukanlah bentuk penyerupaan orang-orang kafir, dan dasi di dalamnya tidak memilik masalah syariat. Jadi terserah Anda mau menggunakan hukum yang mana terkait masalah dasi ini.

Selanjutnya untuk hukum menggunakan kawat gigi juga terdapat 2 hukum, yakni haram dan juga diperbolehkan. Haram bila kawat gigi yang dikenakan hanya untuk mempercantik diri, sedangkan diperbolehkan menggunakan kawat gigi untuk menghilangkan penyakit ataupun cacat pada bagian dalam mulut.

Baca Artikel Lainnya :

Haram menggunakan kawat gigi karena termasuk pada mengubah ciptaan ALLAH SWT, hal ini pernah terjadi di masa zaman nabiketika seseorang merenggangkan gigi untuk mempercantik dan hal tersebut dilarang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *