Apa itu Bakteri?

Mas Joko    June 20, 2015    2 Comments on Apa itu Bakteri?

Apa itu Bakteri? – Bakteri sendiri memiliki asal bahasa Yunani, bakterion yang berarti batang atau tongkat. Istilah ini sering dipakai untuk mikroba yang memiliki sel satu. Bakteri di temukan Anthony van Leeuwenhoek, hingga ia menerbitkan gambar bakteri yang beraneka ragam. Sejak masa tersebut, ilmu yang mempelajari tentang adanya bakteri kian berkembang hingga disebut bakteriologi.

a

Bakteri ialah organisme yang sangat banyak jumlahnya, ia tersebar dengan sangat luas, berbeda dengan makhluk hidup yang lain. Bakteri sendiri memiliki ratusan ribu hingga jutaan spesies yang tersebar di seluruh bumi mulai dari salju, lautan, hingga gurun pasir.

bentuk dari sel bakteri ini umumnya di bagi menjadi 3 golongan besar, hal ini berdasarkan bentuk yang dimilikinya, antara lain:

  • Kokus, bakteri ini memiliki bentuk bulat yang menyerupai bola serta memiliki berbagai variasi seperti micrococcus jika ia tunggal serta kecil, diplococcus jika berganda, tetracoccuc jika bergandengan membentuk seperti bujur sangkar,
  • Basil, ialah kelompok bakteri yang memiliki bentuk silinder atau batang, jika ia berdiri secara bergandengan hingga membentuk rantai, ia sering di sebut streptobacillus,
  • Spiral, ialah bakteri yang memiliki bentuk lengkung serta memiliki variasi seperti spriral, atau vibrio.

Dinding pada sel bakteri ini sangatlah tipis serta elastis, ia terbentuk dari peptidolikan, polimer unik yang dimiliki oleh golongan dari bakteri. Fungsi dari dinding sel ini ialah memberi bentuk pada sel, memberi perlindungan yang berasal dari lingkungan luar serta mengatur pertukaran zat yang berasal dari dalam, sel. Bakteri yang memiliki gram positif, ia cenderung memiliki dinding sel yang tebal serta berlapis lapis. Tebalnya dinding sel ini akan menahan lolosnya crystal ketika dicuci dengan aseton ataupun alkohol. Jika bakteri gram negatif, ia cenderung memiliki dinding yang sangat tipis, serta diselubungi dengan lapisan yang tipis.

Jika di golongkan dengan cara untuk memperoleh makanannya, bakteri ini di bedakan menjadi heterotrof dan autotroph. Berikut perbedaannya:

  • Heterotrof, bakteri jenis ini hidup dengan memperoleh makanan zat organic yang berasal dari lingkungannya, dikarenakan ia tidak mampu menyusun secara mandiri zat organik tersebut. Bakteri yang memiliki zat organik yang berasal dari sampah, bangkai atau kotoran ini sering di sebut dengan saprofit,
  • Autotroph, bakteri ini menyusun makanannya sendiri dengan menggunakan zat anorganik.

Bila Anda telah mengetahui banyak hal tentang bakteri, Anda juga harus mengetahui hal-hal lain tentang bakteri ini. Ada 2 jenis bakteri yakni merugikan manusia dan menguntungkan manusia. Ukuran tubuh dari bakteri sangat bervariasi, yang berasal dari diameter 0,12 mikrofon hingga ratusan mikrofon. Bakteri renik ialah mycoplasma, ia memiliki ukuran 0,12 mikron. Sedangkan untuk bakteri yang paling besar ialah thiomargarita yang memiliki ukuran 200 mikron.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Apa itu Bakteri?

  1. Pingback: Mengenal Struktur Bakteri Beserta Fungsinya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Mengenal Sistem Reproduksi Bakteri | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *