Apa itu Booting? Dan Apa Fungsinya

Bagi Anda pengguna laptop atau komputer tentu tidak asing dengan tombol untuk menyalakan laptop atau komputer Anda. Tapi tahukah Anda apa istilah yang digunakan untuk hal tersebut ? Istilah tersebutlah yang disebut dengan booting.

f 22

Dalam pengaktifan sebuah komputer atau laptop, dibutuhkan sedikitnya tiga komponen, yaitu hardware, software, dan juga user. Hardware adalah perangkat keras terdiri dari CPU, Keyboard, Monitor, dan perangkat lainnya.

Sedangkan software merupakan program pendukung untuk operasional hardware. Dan user adalah pengguna komputer itu sendiri. Langkah pertama dalam pengoprasian komputer itulah yang disebut dengan proses booting.

Booting adalah sebuah proses dibacanya seluruh hardware sampai komputer dalam kondisi siap untuk digunakan oleh user. Proses booting tidak dapat dilepaskan dengan BIOS atau Basic Input Output System yang berupa sebuah kode software dalam sistem kompuer.

Fungsi dari BIOS sangat penting karena BIOS member informasi visual pada saat komputer dinyalakan. BIOS juga memberikan akses ke perangkat keras lain contohnya keyboard sebagai alat kontrol saat komputer belum diambil alih oleh sistem operasi.

Terdapat dua jenis dalam proses booting, yaitu Cold Booting dan Warm Booting. Yang dimaksud dengan Cold Booting adalah proses booting dalam keadaan komputer yang masih mati dengan cara menekan tombol power.

Kebalikan dari Cold Booting, Warm Booting adalah proses booting saat komputer dalam keadaan hidup. Warm Booting biasa dilakukan dengan menekan tombol reset pada keyboard secara bersamaan, adapun tombol yang digunakan adalah Ctrl, Alt, Del.

Sekian artikel mengenai Booting dan juga fungsinya, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *