Apa Itu dan Fungsi dari Pengertian LAN (Local Area Network)

Pengertian LAN

LAN yang meruapakan kependekan dari Local Area Network ini merupakan suatu jaringan di mana perangkat keras dan perangkat lunak dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya dapat menjangkau daerah yang sangat terbatas, contohnya hanya bisa menjangkau dalam satu gedung saja.

F 23

Oleh karena keterbatas jangkauannya tersebut kecepatan transmisi data akan menjadi sangat tinggi. Kabel LAN juga dikenal sebagai Kabel UTP yang biasanya berbentuk kabel untiran seperti yang ada pada kabel telepon.

LAN sendiri terdiri atas server, client dan gateaway. Dimana server dalam LAN merupakan satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Tugas server disini adalah sebagai penydia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat komputer-komputer dalam jaringan tersebut mampu menggunakannya baik secara indvidual ataupu bersama-sama.

Sedangkan client meruapakan kompuer yang menggunakan sistem operasi client seperti windows yang terhubung ke LAN. Dan gateaway sendiri merupakan sebuah alat yang ada pada jaringan yang mempunyai fungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.

Fungsi LAN

Adapun fungsi dari LAN tersebut, yaitu sebagai berikut :

  1. LAN berfungsi sebagai resource sharingdimana bertujuan agar seluruh program (software),   peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tersebut tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  2. LAN juga dapat berfungsi sebagai pemberi koneksi jaringan internet dalam suatu ruangan.
  3. LAN juga berfungsi untuk membuat keamanan data lebih terjamin karena dengan adanya LAN seorang server dapat mengatur data-data penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *