Apa itu Disiplin? Bagaimana cara Kita Menjadi Orang Yang disiplin

Sifat disiplin memang merupakan suatu sifat yang perlu dimiliki oleh setiap orang, karena dengan menerapkan suatu kedisiplinan tentunya kita akan merasakan suatu manfaatnya baik untuk diri kita sendiri maupun orang disekitar kita.

f 103

Pengertian disiplin sendiri sesuai dengan kamus umum Bahasia Indonesia adalah melatih batin dan juga watak agar dapat menciptakan perbuatan yang taat pada tata tertib. Dengan kata lain disiplin berarti upaya melatih diri untuk melakukan sesuatu secara tertib dan teratur untuk dapat meraih tujuan yang dalam hidup yang diinginkan.

Mengapa disiplin merupakan suatu sifat yang harus dimiliki oleh setiap manusia, karena dengan disiplin itu dapat menciptakan suatu kebiasaan yang akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Meskipun demikian manusia sendiri memiliki sifat-sifat dasar seperti malas, keinginan untuk hidup sesuai denga kehendak, ataupun melanggar sebuah aturan yang ada yang membuat sebuah kedisiplinan merupakan suatu yang cukup sulit untuk diterapkan.

Maka dari itu, ada beberapa peraturan-peraturan dalam dunia ini yang dibuat dengan tujuan agar setiap manusia bisa belajar untuk hidup secara disiplin dan taat kepada peraturan yang ada, sehingga dunia ini tidak berantakan.

Pada dasarnya suatu kedisiplinan dapat lebih mudah tercapai apabila seseorang mencintai apa yang mereka kerjakan. Dalam hal ini sebenarnya manusia tidak dapat dipaksa harus menjadi disiplin apalagi mereka dipaksa menjadi disiplin karena kehendak orang lain. Meskipun demikian, ada beberapa cara bagaimana kita bisa menjadi orang yang disiplin.

Berikut adalah beberapa cara bagaimana kita menjadi orang yang disiplin :

  • Belajar untuk mengalahkan ego yang ada pada diri sendiri.
  • Melakukan kegiatan lain disamping rutinitas yang ada.
  • Selalu fokus kepada tujuan akhir yang hendak dicapai
  • Menetapkan sebuah tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu dekat.
  • Membuat jadwal rutinitas ataupun kegiatan lain secara tertulis.

Dengan belajar untuk menerapkan cara-cara diatas nantinya kita akan terbiasa untuk menjadi disiplin khususnya dengan selalu mengikuti jadwal yang sudah kita buat sendiri. Walaupun demikian, untuk menjadi seorang yang disiplin bukan merupakan sesuatu proses yang cepat.

Konsistensi adalah kunci untuk mencapai sebuah kedisiplinan. Karena sejatinya disiplin merupakan suatu kebiasaan yang telah kita lakukan secara berulang-ulang dan juga secara terus menerus.

Lalu satu hal lagi yang penting dalam mencapai sebuah kedisiplinan yaitu selalu terlebih dahulu membuat tujuan atau target yang kita ingin capai.

Karena dengan adanya tujuan atau taget tersebut secara tidak langsung kita telah menyimpan target itu dalam awah bawah sadar kita yang akan semakin memacu kita untuk menerapkan disiplin diri agar kita mendapatkan apa yang kita impikan.

Sekian uraian mengenai Apa itu Disiplin ? Bagaimana Cara Kita Menjadi Orang Yang Disiplin. Semoga dengan membaca artikel ini Anda bisa mengaplikasinnya dalam kehidupan agar menjadi orang yang disiplin.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *