Apa Itu Ecthyma Contagiosum

Apa Itu Ecthyma Contagiosum (Orf)Penyakit merupakan salah satu keadaan yang tidak normal yang dialami oleh tubuh yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Penyakit tidak hanya menyerang manusia, namun juga hewan dan tumbuhan.

Untitled

Ilmu yang mempelajari suatu penyakit disebut dengan patologi. Makhluk hidup yang diserang penyakit harus secepatnya untuk mendapat perawatan dari dokter agar penyakit yang diderita tidak parah.

Penyebab dan contoh penyakit pada kambing

Penyakit tidak hanya menyerang pada manusia, namun juga pada hewan dan tumbuhan. Seperti manusia, penyakit pada hewan misalnya kambing juga dibedakan menjadi penyakit yang menular dan tidak menular. Penyebab penyakit dapat disebabkan oleh kuman, virus dan bakteri. Hal tersebut disebabkan oleh kandang yang kurang higienis, pertukaran udara yang tidak seimbang, pakan kurang baik. Contoh penyakit pada kambing adalah kudis, cacingan, kembung atau bloat, pneumonia, Ecthyma Contagiosa (Orf).

Mengenai Ecthyma Contagiosum (orf)

Ecthyma Contagiosa (Orf) adalah suatu penyakit pada kambing yang sifatnya menular. Penyakit yang disebabkan karena virus yang memiliki sifat zoonosis yaitu virus parapox, dapat menular ke manusia. Penyakit ini ternyata tidak hanya dapat menyerang kambing dan manusia, namun juga menyerang hewan lainnya misalnya alpaca, kucing, anjing, rusa dan tupai merah. Penyakit tersebut dicacat sejak akhir abad ke-19 yang menyerang domba dan kambing di Eropa, Timur Tengah, AS, Asia, Afrika, Alaska, Amerika Selatan, Selandia Baru, Kanada dan Australia. Penularan penyakit ini dapat melalui media pakan yang tercemar keropeng dari bungkul orf.

Tanda hewan menderita penyakit ini adalah adanya lesi yang berbentuk keropeng yang terdapat pada bibir. Gejalanya klinik akan terlihat 1-3 hari setelah infeksi dan dapat berlangsung hingga 3-4 minggu. Gejala penyakit tersebut yaitu:

  • Terdapat bintik merah pada awal infeksi.
  • Bintik merah tersebut akan berubah menjadi vesikel dan penanahan atau pustule.
  • Lesi tersebut akan terlihat seperti keropeng atau tonjolan berkerak..

Penanggulangan dan pengobatan ecthyma contagiosa (orf)

Penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya setelah 4 minggu namun dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak jika kambing atau hewan lainnya terserang infeksi sekunder. Penanggulangan untuk penyakit Ecthyma Contagiosa (Orf) diantaranya adalah dengan melakukan vaksinasi pada hewan khususnya pada hewan yang berada di daerah endemis.

Jika baru membeli kambing, sebaiknya mengisolasi kambing yang berasal dari tempat lain sekitar 2-3 minggu untuk menghindari penyakit tersebut. Cara pencegahan sederhana dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kambing dengan penyakit tersebut adalah dengan memberikan antibiotik leukomosin yang berfungsi untuk mencegah terserang infeksi sekunder.

Cara sederhana adalah dengan mengerok keropeng hingga terkelupas dan sedikit berdarah kemudian mengoleskan methylen blue pada lesi atau dengan menggunakan yodium tincture 3% dan didesenfeksi dengan alkohol 70% dan kemudian menyuntikkan antibiotik.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *