Apa itu Globalisasi?

Era globalisasi telah dimulai sejak lama dan terus berjalan hingga sekarang. Globalisasi dan modernisasi telah mempengaruhi perubahan gaya hidup masyarakat di berbagai negara. Namun apakah sebenarnya maksud dari globalisasi? Definisi sederhana dari globalisasi adalah sebuah proses yang mendunia.

a 1

Istilah ini digunakan untuk perihal yang mencakup suatu keterkaitan antar seluruh bangsa dan warga di dunia. Globalisasi merupakan istilah menyeluruh bagi berbagai proses ekonomi maupun penyebaran komunikasi yang mendunia dan instan, serta perdagangan internasional dan pasar uang yang berkembang dengan cepat.

Pada kenyataannya, globalisasi telah menjadi praktik sehari-hari yang tidak mampu kita hindari. Proses dari globalisasi telah berlangsung dengan cepat dan kompleks, bahkan menjangkau segala aspek hingga ke seluruh bidang kehidupan manusia. Bidang-bidang yang termasuk dalam cakupan tersebut antara lain yaitu bidang ekonomi, bidang politik, bidang budaya, bidang sosial, serta bidang ekologi.

Dalam bidang ekonomi misalnya, telah ditandai dengan berlangsungnya pasar bebas, yaitu perdagangan barang yang merupakan produk dari negara lain secara bebas di negara kita.

Adapun dalam bidang politik dapat dilihat dari berkembangnya karakter masyarakat yang demokratis, di mana masyarakat turut aktif mewujudkan kehidupan bersama dan menghormati nilai-nilai hak asasi manusia.

Sedangkan dalam bidang budaya, ditandai dengan semakin kuatnya pengaruh budaya asing atas lapisan masyarakat di negara kita. Contoh jelasnya dengan gaya hidup, cara berpakaian dan cara bicara yang banyak mendapatkan pengaruh dari media, film, maupun musik internasional.

Di bidang sosial, globalisasi dapat dirasakan dengan munculnya kesadaran global manusia untuk semakin merasa saling bergantung dan membutuhkan antara satu sama lain. Dan dalam bidang ekologi, terlihat dari semakin meningkatnya kebutuhan manusia atas sumber daya alam.

Sayangnya, hal tersebut juga berarti membawa pengaruh buruk karena adanya peningkatan ancaman atas hancurnya ekosistem bumi karena adanya eksploitasi alam yang terjadi secara berlebihan.

Globalisasi memang membawa pengaruh positif dan negatif. Apabila ditelisik sisi positifnya, globalisasi membuat setiap individu berlomba-lomba sehingga menimbulkan persaingan satu sama lain untuk berbuat dengan yang terbaik demi mencapai hasil yang paling baik.

Karena setiap orang mengejar keunggulan dan kualitas yang baik, masyarakat dunia menjadi semakin dinamis, aktif dan kreatif. Namun globalisasi juga dapat memberikan dampak negatif, yaitu misalnya dengan adanya ancaman semakin pudarnya budaya luhur dari bangsa.

Globalisasi melahirkan budaya global sehingga menyingkirkan budaya lokal dari daerah maupun bangsa. Akibatnya, identitas atau jati diri bangsa serta rasa kebangsaan masyarakat menjadi semakin memudar.

Pada akhirnya, globalisasi  memiliki tujuan untuk menghapus tembok-tembok perbedaan antar manusia dan mewujudkan persamaan hak asasi manusia. Globalisasi dapat dialami oleh siapapun dan setiap individu tersebut memiliki hak yang sama, terutama untuk merasakan sisi baik dari globalisasi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *